Menu Diet Diabetes Bagi Penderita DM

Menu diet diabetes menjadi hal yang perlu diperhatikan untuk penderita penyakit diabetes melitus. Menu diet diabetes ini dilakukan dengan tujuan agar kadar gula darah dalam tubuh penderita penyakit diabetes melitus dapat terkontrol dan tidak terus meningkat. Pada umumnya, makanan yang dijadikan sebagai menu diet diabetes ini ialah makanan yang mengandung gula yang rendah. Selain itu, pada penderita penyakit diabetes melitus dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak dan natrium.


menu diet diabetes
Alat cek gula darah merek Easy Touch


Terdapat beberapa makanan yang sebaiknya dihindari untuk penderita penyakit diabetes melitus di antaranya ialah gula pasir, sirup, selai, gula merah, buah-buahan yang diawetkan dengan gula atau manisan, minuman botol ringan, es krim, susu kental manis, cake, gorengan, fast food, ikan asin, makanan yang diawetkan, dan lain sebagainya.

Menu Diet Diabetes yang Dianjurkan

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa penderita penyakit diabetes melitus tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi, lemak tinggi, dan natrium yang tinggi. Makanan yang mengandung gula tinggi diantarnya ialah susu kental manis, sirup, gula pasir, gula merah, selai, jelli, manisan buah, es krim, minuman bersoda, dan lain sebagainya. Makanan yang mengandung lemak tinggi contohnya ialah makanan siap saji atau fast food, cake, gorengan, dan lain sebagainya. Sedangkan makanan yang mengandung natrium tinggi ialah ikan asin, telur asin, dan makanan yang diawetkan.

Menu diet diabetes yang diawetkan dapat berupa makanan yang menjadi sumber karbohidrat kompleks, makanan sumber protein rendah lemak, dan lain sebagainya. Contoh makanan yang menjadi sumber karbohidrat kompleks di antaranya ialah nasi merah, mie, roti, kentang, ubi, singkong, dan sagu. Makanan yang menjadi sumber protein rendah lemak di antaranya ayam tanpa kulit, ikan, tempe, susu skim, kacang-kacangan, tahu, dan lain-lain. Sedangkan makanan yang menjadi sumber lemak dalam jumlah terbatas di antaranya ialah makanan yang mudah dicerna dan diolah dengan cara di kukus, di panggang, di rebus, dan di bakar.

Berikut terdapat menu diet diabetes yang umumnya dianjurkan para pakar sebagai upaya untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi yaitu sebagai berikut. Menu diet diabetes sehari yang dapat diterapkan antara lain pada pagi hari dapat memakan nasi sebanyak 1 gelas, telur dadar sebanyak 1 butir, oseng tempe sebanyak 2 potong sedang, sop labu merah sebanyak 1 gelas, dan pepaya sebanyak 1 potong sedang. Pada siang hari dapat memakan nasi sebanyak 1 gelas, pepes ikan sebanyak 1 potong sedang, tempe goreng sebanyak 2 potong sedang, lalapan kacang panjang sebanyak 1 gelas, dan satu buah pisang. Pada malam hari dapat memakan nasi sebanyak satu setengah gelas, ayam bakar kecap sebanyak 1 potong sedang, tahu bacem sebanyak 1 potong, buncis ditambah wortel kukus sebanyak 1 gelas, dan pepaya sebanyak 1 potong sedang. Menu diet diabetes tersebut menghasilkan energi sebanyak 1921 kkal. Menu diet diabetes tersebut melebihi kecukupan energi yang dibutuhkan kita yaitu 1900 kkal.

Menu diet diabetes tersebut dapat diganti dengan makanan lainnya yang mengandung energi yang sama. Adapun selain energi, dalam menu diet diabetes tersebut menghasilkan protein sebanyak 60 gr atau 12,5% dari energi total, lemak sebanyak 48 gr atau 22,5% dari energi total, karbohidrat sebanyak 299 gr atau 62,5% dari energi total, kolesterol sebanyak 303 mg, dan serat sebanyak 37 gr.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Konsultankolesterol.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :