Menu Makanan Untuk Penderita Diabetes

Menu makanan untuk penderita diabetes haruslah sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan bagi para penderitanya. Diabetes atau kecing manis merupakan sebuah penyakit yang membahayakan bagi kesehatan tubuh manusia. Penyakit tersebut terjadi akibat terlalu tingginya kadar gula darah dalam tubuh yang pada umumnya diakibatkan karena asupan makanan yang tidak terkendali. Maka dari itu,  menu makanan untuk penderita diabetes haruslah dijaga. Menu makanan untuk penderita diabetes yang baik dikonsumsi antara lain: buah acai berry, beras merah, bayam, yoghurt tanpa lemak, oatmeal dan lain-lain.



menu makanan untuk penderita diabetes
Alat cek gula darah merek Easy Touch

Menu Makanan Untuk Penderita Diabetes Melitus


Buah Acai Berry 
Menu makanan untuk penderita diabetes salah satunya yaitu buah acai berry. Buah ini mengandung senyawa antioksidan yang sangat baik bagi tubuh. Semakin gelap warna kulit buah maka semakin banyak kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya. Buah acai berry memiliki kandungan asam lemak, omega 3 dan 6 yang dapat bermanfaat dalam memperbaiki kerusakan sel akibat diabetes. Maka dari itu,  buah tersebut merupakan salah satu menu makanan yang baik bagi penderita diabetes.

Beras Merah 
Beras merah juga termasuk ke dalam salah satu menu makanan bagi penderita diabetes yang sangat baik untuk dikonsumsi. Beras merah memiliki keunggulan dalam mengurangi kadar gula darah dalam tubuh jika dibandingkan dengan beras putih. Beras merah memiliki kandungan serat yang tinggi, perbandingan kandungan serat antara beras putih dan beras merah yaitu 1:8. Maka dari itu,  apabila kita mengkonsusmi beras merah, kita tidak akan merasa kekenyangan dan mengantuk. Bandingkan apabila kita mengonsumsi beras putih, sedikit saja kita mengkonusumsinya maka kita akan mudah merasakan kantuk lalu tidur sehingga saat tidur setelah makan akan menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat. Oleh karena itu, jadikanlah beras merah sebagai menu makanan untuk penderita diabetes menggantikan beras putih.

Bayam
Menu makanan untuk penderita diabetes yang berikutnya yaitu bayam. Bayam memiliki kandungan lutein yang memiliki fungsi untuk menormalkan kembali kadar gula darah dalam tubuh. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard pada tahun 1945, nutrisi lutein pertama kali ditemukan. Penderita diabetes memiliki potensi mengalami kebutaan yang sangat besarMaka dari itu, kandungan lutein sering digunakan dalam pengobatan makula mata.

Yoghurt tanpa lemak
Yoghurt tanpa lemak dapat dikonsumsi sebagai menu makanan untuk penderita diabetes. Yoghurt tanpa lemak dapat dijadikan sebagai cemilan sehat. Berdasarkan penelitian yang di lakukan oleh Dr. Frank Hu peneliti bidang nutrisi dan epidemilogi mengatakan bahwa yoghurt memberi manfaat secara signifikan untuk mengurangi risiko diabetes. Yoghurt dapat mengurangi risiko diabetes sebesar 18%. Namun, Dr. Frank Hu menjelaskan bahwa hal tersebut bukan berarti kita dapat mengonsumsi yoghurt setiap hari. Konsumsilah makanan yang lain juga selain yoghurt yang memiliki kandungan baik bagi tubuh.

Oatmeal 
Selain beberapa menu makanan untuk penderita diabetes diatas, oatmeal juga termasuk ke dalam menu makanan untuk penderita diabetes. Oatmeal memiliki kandungan gula yang tidak sama dengan kandungan gula yang terdapat pada nasi walaupun jenisnya sama yaitu makanan penghasil karbohidrat. Marisa More (American Diabetic Association) mengatakan bahwa oatmeal tanpa tambahan gula memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga tidak akan meningkatkan gula darah dengan cepat dan tinggi. Maka dari itu,  disarankan apabila mengonsumsi oatmeal jangan menambahkan lagi gula dalam oatmeal tersebut. Cara kerja serat oatmeal sangat baik dalam mengontrol gula darah. Maka dari itu, konsumsilah oatmeal tanpa gula tambahan.


Oleh: Bidan Sulis
Editor: Adrie Noor
Sumber: halosehat.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :