Obat Alami Diabetes dari Tanaman-tanaman

Obat alami diabetes merupakan obat-obatan yang berasal dari bahan alam atau herbal umumnya berupa tanaman yang mempunyai khasiat dalam menurunkan kadar gula darah tinggi atau mengobati penyakit diabetes melitus. Obat alami diabetes umumnya dapat dibuat sendiri maupun dapat diperoleh dengan membelinya di apotek. Obat alami diabetes yang tersedia di apotek merupakan ekstrak dari bahan alami yang digunakan untuk mengobati penyakit diabetes melitus. Obat tersebut dikemas dalam kemasan kapsul ataupun tablet. Ada pula obat alami diabetes yang dikemas dalam sediaan cairan.



obat alami diabetes


Alat cek gula darah merek Easy Touch


Obat alami diabetes ini terbuat dari tanaman herbal yang berkhasiat dalam mengobati penyakit diabetes melitus. Pada umumnya obat ini dapat kita buat sendiri dengan cara merebusnya ataupun diambil sari patinya. Hasil yang optimal dapat diperoleh asalkan pengobatan yang dilakukan dengan menggunakan obat alami diabetes ini dilakukan secara teratur. Selain itu, obat alami diabetes ini dapat digunakan bersamaan dengan obat bahan kimia lainnya, tentunya dengan terlebih dahulu mengkonsultasikannya kepada dokter.

Obat Alami Diabetes dari Tanaman

Obat alami diabetes yang berasal dari tanaman, di antaranya dapat terbuat dari tanaman seperti buah mengkudu, kunyit, mahkota dewa, brotowali, dan sebagainya. Buah mengkudu mengandung senyawa proxeroni yang dapat membuka pori-pori sel-sel dengan membentuk suatu alkaloid. Pori-pori sel yang terbuka akan mempermudah nutrisi termasuk zat gula atau glukosa untuk masuk di dalam sel dan diolah tubuh menjadi suatu energi. Akibatnya kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh penderita penyakit diabetes melitus dapat menurun. Hal inilah yang menjadikan buah mengkudu sebagai tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat untuk mengobati penyakit diabetes melitus. Cara membuat obat alami diabetes dari buah mengkudu ini dilakukan dengan memblender buah mengkudu, kemudian disaring dan diminum air mengkudu tersebut. Apabila tidak tahan terhadap rasa dan bau dari mengkudu ini dapat ditambahkan sedikit madu agar air mengkudu tersebut terasa enak.

Kunyit juga dapat dijadikan sebagai obat alami diabetes. Kunyit merupakan tanaman yang sering kita temui sebagai bumbu dapur. Dibalik fungsinya sebagai bumbu dapur, ternyata kunyit mempunyai fungsi lain, yaitu dapat digunakan sebagai obat penyakit diabetes melitus. Kunyit mengandung senyawa yang dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh. Cara membuat obat dari kunyit ini dilakukan dengan cara di rebus. Jumlah kunyit yang digunakan sebanyak satu rimpang yang direbus dalam 1 liter air yang mendidih. Minum air rebusan tersebut sebanyak setengah gelas. Lakukan hal ini secara teratur sebanyak dua kali dalam seminggu.

Tanaman mahkota dewa sangat terkenal dapat mengobati berbagai penyakit di antaranya ialah penyakit diabetes melitus. Cara membuat obat dari tanaman mahkota dewa ini ialah dengan merebus lima tangkai tanaman mahkota dewa dan tiga lembar daun salam dalam tiga gelas air mendidih. Rebus hingga tersisa setengah gelas, kemudian biarkan air rebusan tersebut dingin lalu minum air rebusan tersebut.

Tanaman brotowali juga dapat dijadikan sebagai obat diabetes alami. Cara membuat obat dari tanaman brotowali ini dibuat dengan cara direbus. Tanaman brotowali sepanjang 10 cm ditambah dengan segenggam akar pepaya direbus dalam air mendidih sebanyak tiga gelas. Rebus sampai tersisa satu gelas. Biarkan air tersebut dingin, lalu minum. Itulah beberapa tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat dalam mengobati penyakit diabetes melitus.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Nitips.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :