Obat Diabetes Alami Dari Tanaman Herbal

Obat diabetes alami bisa didapatkan dari tanaman atau tumbuhan di sekitar kita. Oleh karena itu, obat diabetes alami ini bisa menjadi alternatif untuk mengatasi diabetes. Berikut merupakan macam-macam obat diabetes alami, di antaranya buah mengkudu, kunyit, mahkota dewa, dan sebagainya. Obat diabetes alami tersebut dapat berbahan dasar dari tanaman ataupun buah-buahan yang memang telah terbukti ampuh dalam menurunkan kadar gula darah yang tinggi sehingga dapat mengobati penyakit diabetes melitus.



obat diabetes alami
Alat cek gula darah merek Nesco

Macam-macam Obat Diabetes Alami

Buah mengkudu
Buah mengkudu bisa dijadikan sebagai obat diabetes alami karena mengandung proxerin yang dapat membentuk alkoid. Alkoid ini memiliki fungsi sebagai pembuka pori-pori sel, dengan begitu nutrisi akan mudah di serap.Cara menjadikan buah mengkudu menjadi obat diabetes alami adalah sediakan buah mengkudu sebanyak 1 buah, kemudian blender buah mengkudu tersebut, lalu peras airnya, kemudian minumlah.

Kunyit
Kunyit bisa menjadi obat diabetes karena memiliki kandungan yang baik untuk penderita diabetes. Cara menjadikan kunyit menjadi obat diabetes alami adalah siapkan satu rimpang kunyit, satu sendok garam, air bersih matang 1 liter. Cara membuatnya rebus kunyit dan garam tersebut, kemudian minum dalam keadaan dingin.

Mahkota dewa
Mahkota dewa merupakan tanaman yang digunakan untuk mengobati berbagi penyakit salah satunya diabetes. Cara menjadikan mahkota dewa sebagai obat alami diabetes adalah siapkan 3 – 5 potong tangkai tanaman mahkota dewa, lalu siapkan tiga lembar daun salam. Rebuslah tanaman-tanaman tersebut.

Brotowali
Brotowali merupakan tanaman yang memiliki rasa pahit, tetapi dibalik rasa pahitnya tersebut memiliki manfaat untuk obat diabetes alami. Untuk menjadikan brotowali sebagai obat diabetes alami adalah siapkan brotowali 10 cm, satu genggam akar papaya, rebuslah kedua bahan tersebut hingga mendidih. Setelah mendidih diamkan rebusan tersebut hingga dingin, lalu diminum.

Daun kemangi
Daun kemangi merupakan tanaman yang sering digunakan sebagai lalap saat makan. Namun, daun kemangi ini memiliki manfaat lain untuk mengobati diabetes. Konsumsi daun kemangi sebagai lalapan seperti biasanya untuk dijadikan obat diabetes.

Buncis
Buncis memilii kandungan B-Sitosterol yang mempercepat produksi proses insulin dalam tubuh, tetapi tetap menajaga insulin normal dalam tubuh. Untuk menjadikan buncis sebagai obat diabetes alami siapkan ½ Kg buncis yang dicuci bersih, kemudian rebuslah buncis tersebut menggunakan 2 gelas air, setelah mendidih masukan air rebusan kedalam gelas dan minumlah.

Tipe-tipe Diabetes

Diabetes isi bisa dibagi menjadi 2, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Untuk diabetes tipe 1 bergantung pada insulin. Tipe ini juga sering disebut dengan diabetes remaja karena umumnya menyerang pasien di bawah usia 40 tahun terutama masa remaja. Organ pankreas dalam penderita diabetes tipe 1 ini tidak memproduksi insulin sehingga penderita tipe diabetes ini harus menerima suntikan insulin setiap hari. Insulin ini sangatlah penting bagi tubuh, yitu untuk mengendalikan kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi yang bisa menyebabkan kerusakan yang serius pada organ tubuh. Selain itu, penderita diabetes tipe 1 ini harus menjaga pola hidupnya agar kadar gula dalam darah bisa dikontrol.

Penyakit diabetes ini memiliki jenis jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Penyakit diabetes ini menunjukan gejala-gejala sebagai berikut ini:
  • Sering merasa haus;
  • Sering buang air kecil terutama malam hari ;
  • Rasa lapar yang ekstrem;
  • Turunnya berat badan tanpa sebab;
  • Terdapat keton dalam air seni;
  • Kelelahan;
  • Pandangan yang kabur;
  • Luka yang lama sembuh
  • Tekanan darah tinggi;
  • Sering mengalami infeksi.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Nitips.com, Alodokter.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :