Obat Diabetes Herbal Menggunakan Tanaman

Obat diabetes herbal sebenarnya dapat kita peroleh dari tanaman yang ada di sekitar kita. Obat diabetes herbal yang berasal dari tanaman yang ada di sekitar kita, di antaranya ialah daun kemangi, buncis, brotowali, dan sebagainya. Obat diabetes herbal ini dapat kita buat dengan cara sederhana seperti direbus, diparut, bahkan diblender. Tentunya khasiat dari obat diabetes herbal ini tidak kalah efektif dibandingkan dengan obat-obatan kimia. Selain itu, obat diabetes herbal aman dikonsumsi karena tidak menimbulkan efek samping.



obat diabetes herbal
Alat cek gula darah merek Nesco


Macam-macam Obat Diabetes Herbal

Obat diabetes herbal yang pertama berasal dari tanaman daun kemangi. Tanaman daun kemangi dikenal sebagai lalapan ataupun bumbu dapur. Di samping fungsinya tersebut, ternyata daun kemangi memiliki khasiat lain dalam mengobati penyakit diabetes melitus. Pada tanaman daun kemangi ini mengandung suatu senyawa yang dapat merangsang pembentukan insulin di dalam tubuh sehingga tanaman daun insulin ini dapat membantu dalam menurunkan kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh penderita penyakit diabetes melitus. Cara mengkonsumsi tanaman daun insulin dapat dijadikan sebagai lalapan ataupun dicampurkan dalam masakan lainnya. Namun, umumnya daun kemangi ini dikonsumsi dalam keadaan mentah sehingga harus dipastikan terlebih dahulu bahwa daun kemangi yang kita makan tersebut sudah dalam keadaan bersih.

Selanjutnya, tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat herbal diabetes ialah buncis. Buncis dapat dijadikan sebagai obat herbal diabetes melitus karena di dalam buncis ini terkandung B-sitosterol yang dapat mempercepat produksi insulin di dalam tubuh penderita penyakit diabetes melitus, tetapi tetap menjaga agar kadar hormon insulin selalu dalam keadaan normal di dalam tubuh. Tanaman buncis ini mampu mengurangi kadar gula darah yang tinggi apabila buncis ini diolah dengan benar. Cara membuat obat herbal dari bahan buncis untuk mengobati penyakit diabetes melitus ini ialah dengan cara menyiapkan 1/2 kilogram buncis yang telah dicuci dengan bersih, kemudian rebus buncis yang telah dicuci tersebut ke dalam dua gelas air. Setelah itu, biarkan air mendidih. Setelah mendidih, angkat buncis dan masukkan ke dalam gelas. Minum ramuan air buncis tersebut setiap pagi dan malam hari sebanyak satu gelas. Tanaman buncis juga dapat dimakan secara mentah ataupun menjadikan tanaman buncis ini sebagai jus buncis, tetapi jangan di tambahkan gula ke dalam jus tersebut.

Tanaman brotowali juga dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk mengobati penyakit diabetes melitus. Tanaman brotowali ini sering digunakan sebagai campuran dalam membuat jamu karena rasanya yang pahit. Selain itu, tanaman brotowali juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit diabetes melitus. Cara membuat obat herbal dari tanaman brotowali untuk mengobati penyakit diabetes melitus ialah dengan cara mengambil tanaman brotowali sepanjang 10 cm kemudian rebus bersamaan dengan segenggam akar pepaya. Biarkan direbus sampai mendidih. Setelah mendidih biarkan air rebusan tersebut dingin, lalu minum air rebusan tersebut sebanyak satu gelas.

Tanaman lainnya yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit diabetes melitus ialah tanaman mahkota dewa. Tanaman mahkota dewa dapat membantu menurunkan kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh penderita penyakit diabetes melitus. Cara membuat obat dari tanaman ini ialah dengan menyiapkan 3-5 potong tangkai tanaman mahkota dewa kemudian tambahkan 3 lembar daun salam yang telah dicuci bersih. Rebus tanaman mahkota dewa dan daun salam tersebut dalam tiga gelas air, lalu biarkan mendiidh. Setelah mendidih biarkan air rebusan tersebut dingin, lalu minum sebanyak satu gelas.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Nitips.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :