Obat Diabetes Kering Ramuan Tradisional

Obat diabetes kering umumnya tidak berbeda jauh dengan obat-obatan untuk diabetes basah. Obat diabetes kering dapat bersifat modern dan dapat pula bersifat tradisional. Obat diabetes kering yang bersifat modern, di antaranya ialah obat hipoglikemik oral dan insulin. Obat hipoglikemik oral dan insulin merupakan obat diabetes kering yang telah terbukti mampu menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh penderita penyakit diabetes kering. Obat diabetes kering yang bersifat modern ini diperoleh berdasarkan resep dokter. Tentunya resep ini diperoleh setelah melakukan beberapa pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter.



obat diabetes kering
Alat cek gula darah merek Easy Touch


Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat kita. Setiap tahunnya angka kejadian penyakit ini terus meningkat. Pada tahun 2000 diperoleh data dari WHO bahwa negara Indonesia menduduki peringkat ke-4 sebagai negara yang penduduknya banyak menderita penyakit diabetes melitus. Hal ini tentunya bukan prestasi yang membanggakan. Selain itu, pada tahun tersebut tercatat ada sekitar 8.426.000 jiwa dengan peningkatan diperkirakan mencapai 152% di tahun 2030 sehingga WHO memprediksi bahwa 21 juta masyarakat Indonesia terancam penyakit jenis ini. Data yang dihasilkan ini merupakan gabungan dari diabetes kering dan diabetes basah.

Dari hasil pendataan tersebut maka pemerintah dan masyarakat tidak boleh membiarkan keadaan ini. Diperlukan tindakan baik pengobatan dan pencegahan terhadap penyakit ini. Pengobatan terhadap penyakit diabetes dapat dilakukan baik secara modern maupun tradisional. Pencegahan sebaiknya dilakukan oleh masing-masing individu untuk menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupannya sehari-hari.

Sebenarnya, sebutan diabetes kering maupun diabetes basah merupakan sebutan yang diciptakan oleh masyarakat berdasarkan pandangan masyarakat tersebut. Disebut sebagai diabetes kering karena pada penderita diabetes kering terlihat tubuhnya yang kurus dan belum terdapat luka infeksi. Sedangkan, pada diabetes basah disebut demikian karena pada penderita penyakit diabetes basah terdapat luka yang tidak dapat sembuh atau sudah terinfeksi. Dalam dunia medis tidak ada pembagian penyakit diabetes dengan istilah diabetes kering maupun diabetes basah, yang ada ialah penyakit diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.
 

Obat Diabetes Kering yang Bersifat Tradisional

Selain obat diabetes kering yang bersifat modern terdapat juga obat diabetes kering yang bersifat tradisional. Obat untuk penyakit diabetes kering yang bersifat tradisional ini telah terbukti manfaatnya dalam menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh. Bahan dasar untuk membuat obat tradisional ini biasanya diambil dari tumbuhan yang bersifat herbal. Obat tradisional dari tumbuhan herbal umumnya akan lebih aman digunakan dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan yang bersifat kimia karena dengan menggunakan obat-obatan herbal ini tidak menimbulkan efek samping.

Obat tradisional diabetes yang dapat dibuat bisa berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti pare, ginseng, brotowali, dan sebagainya. Pare merupakan sayuran yang mempunyai rasa yang pahit. Dibalik rasanya yang pahit tanaman pare tersebut memiliki manfaat untuk kesehatan. Tanaman pare ini dapat merangsang pankreas untuk memproduksi insulin. Selain itu, tanaman pare juga dapat merangsang sel-sel agar dapat menurunkan kadar gula darah. Tanaman pare ini cocok digunakan sebagai obat tradisional untuk penyakit diabetes terlebih lagi penyakit diabetes tipe 2. Cara membuat obat tradisional dari tanaman pare ini dcukup mudah, yaitu dengan memblender tanaman pare menjadi jus, atau tanaman pare ini dapat diparut kemudian diperas untuk diambil sarinya.


Oleh: Bidan Esi
Editor: Adrie Noor
Sumber: Obatdiabetes.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :