Obat Herbal Diabetes Kering dan Basah

Obat herbal diabetes kering umumnya sama dengan obat herbal diabetes basah. Baik diabetes kering maupun diabetes basah dilakukan pengobatan dengan tujuan dapat menurunkan kadar gula darah minimal mendekati nilai kadar gula darah yang normal. Sebenarnya, sebutan diabetes kering dan diabetes basah dalam dunia medis tidak ada. Di dalam dunia medis penyakit diabetes melitus dibagi menjadi diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Penyakit diabetes tipe 1 merupakan penyakit diabetes yang terjadi karena kerusakan pada sel-sel pankreas yang memproduksi hormon insulin. Sedangkan penyakit diabetes tipe 2 merupakan penyakit diabetes yang terjadi karena pola hidup yang tidak sehat.



obat herbal diabetes kering
Alat cek gula darah merek Nesco


Baik diabetes kering maupun diabetes basah merupakan sebutan yang dibuat di masyarakat berdasarkan gejala yang muncul pada penderita penyakit diabetes melitus. Umumnya, masyarakat menyebutnya sebagai diabetes kering apabila penderita penyakit diabetes tersebut memiliki luka yang tidak terkena infeksi (keadaan basah dan bernanah). Sedangkan penderita penyakit diabetes dikatakan mengalami diabetes basah bila pada orang tersebut terdapat luka diabetes yang terkena infeksi. Namun, kedua keadaan tersebut sama-sama merupakan penyakit diabetes melitus.

Obat herbal diabetes kering yang digunakan untuk menurunkan kadar gula darah menggunakan tanaman herbal yang telah terbukti dapat bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Kadar gula darah yang tinggi menyebabkan pelbagai gejala muncul pada penderita penyakit diabetes melitus.

Obat Herbal Diabetes Kering dan Basah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa penyakit diabetes kering dan basah itu sama sehingga, obat herbal yang dibuat dalam mengobati penyakit tersebut pada dasarnya sama. Obat herbal diabetes kering dan basah dapat dibuat dari pelbagai tanaman herbal yang mampu menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

Obat herbal diabetes kering dan basah dapat di konsumsi langsung ataupun diolah terlebih dahulu menjadi suatu ramuan obat yang dapat mengobati penyakit diabetes melitus. Obat herbal ini dapat dibuat dari pelbagai tanaman herbal seperti pare, ginseng, brotowali, buncis, dan lain sebagainya.

Pare dibalik rasanya yang pahit, ternyata memiliki pelbagai manfaat untuk kesehatan diataranya dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Pare dapat digunakan sebagai obat herbal diabetes kering dan basah karena pare dapat merangsang produksi insulin pada organ pankreas. Selain itu, pare juga dapat meregenerasi sel-sel aktif yang penting dalam menurunkan kadar gula darah tinggi. Cara membuat obat herbal untuk diabetes kering dan basah dari pare ini cukup mudah untuk dilakukan. Hanya dengan memblender atau membuat jus dari pare kemudian peras untuk diambil sari atau ekstrak pare. Minum jus atau ekstrak pare tersebut seperlunya. Jangan mengonsumsi sari atau ekstrak pare secara berlebihan karena dapat menyebabkan mual atau sakit perut.

Ginseng memang sangat bermanfaat dalam kesehatan tubuh terutama dalam hal menjaga stamina. Namun, dibalik fungsinya itu ternyata ginseng dapat dijadikan sebagai obat herbal diabetes kering dan basah. Ginseng sejak dahulu sudah dimanfaatkan sebagai tanaman obat herbal di daerah cina ataupun korea. Setiap obat selalu ditambahkan dengan ginseng. Tanaman ginseng dapat dijadikan obat diabetes karena mampu mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil. Itulah beberapa tanaman obat herbal diabetes kering dan basah yang dapat digunakan.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Nitips.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :