Obat Herbal Diabetes Melitus Dari Tanaman

Obat herbal diabetes melitus dapat digunakan untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh penderita penyakit diabetes melitus. Obat herbal diabetes melitus umumnya sangat aman untuk digunakan, karena tidak memiliki efek samping. Hal ini lebih aman dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan yang berbahan dasar dari bahan kimia. Obat herbal diabetes melitus mengandung senyawa aktif sehingga mampu menurunkan kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh penderita penyakit tersebut.


obat herbal diabetes melitus
Alat cek gula darah merek Nesco


Obat herbal diabetes melitus dapat dibuat dari pelbagai tanaman herbal yang berkhasiat dalam mengobati penyakit diabetes melitus. Obat herbal diabetes melitus bekerja dengan cara merangsang tubuh untuk memproduksi insulin ataupun memperbaiki sel-sel yang memproduksi insulin.

Tanaman Obat Herbal Diabetes Melitus

Tanaman obat herbal diabetes melitus yang dapat digunakan sebagai obat diabetes ialah tanaman brotowali. Tanaman ini dapat dijadikan sebagai obat diabetes melitus karena kandungan yang terdapat dalam tanaman mampu mengontrol kadar gula darah. Bagian dari tanaman brotowali yang dimanfaatkan sebagai obat ialah bagian akar dan batangnya. Dalam bagian tanaman brotowali mengandung senyawa aktif yang mampu mengontrol kadar gula darah. Nama senyawa aktif tersebut ialah Tinokrisposid. Cara membuat obat untuk diabetes dari tanaman brotowali ini ialah dengan cara merebus akar dan batang tanaman brotowali dengan menggunakan air secukupnya. Biarkan air rebusan tersebut mendidih, setelah mendidih biarkan dingin. Selanjutnya, air rebusan tersebut dapat diminum secara teratur.

Tanaman obat herbal diabetes melitus yang selanjutnya ialah buncis. Buncis merupakan sayuran yang paling sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, kita sering menjadikannya sebagai makanan pokok yang kita makan sehari-hari. Ternyata, disamping kegunaan tanaman buncis sebagai sayuran, buncis juga memiliki peran lain yaitu dapat dijadikan sebagai tanaman obat herbal untuk menanggulangi diabetes melitus. Tanaman buncis merupakan tanaman yang mengandung indeks glikemik yang rendah sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes melitus. Selain itu, tanaman buncis juga mengandung senyawa alami yang dapat meningkatkan produksi insulin. Apabila insulin di dalam tubuh dapat diproduksi maka sangat mudah untuk tubuh menstabilkan kadar gula darah.

Cara membuat obat herbal diabetes melitus dari buncis ini dapat dibuat pelbagai macam. Namun, sebaiknya jangan dibuatkan masakan dengan cara digoreng karena di dalam olahan buncis akan terkandung lemak yang dapat berpengaruh terhadap peningkatan kadar gula darah dalam tubuh.

Tanaman obat herbal diabetes melitus ialah dengan menggunakan buah mengkudu. Buah mengkudu sangatlah terkenal akan pelbagai manfaat yang dapat diberikan pada kesehatan tubuh. Buah mengkudu dalam mengobati penyakit diabetes melitus dibuat dengan cara di blender. Masukkan sebanyak satu buah mengkudu yang telah di cuci bersih ke dalam blender. Lalu saring dan peras untuk diambil ekstraknya. Air perasan tersebut cukup diminum setengah gelas saja.

Tanaman obat herbal diabetes melitus yang lainnya ialah dapat dibuat dari pare. Pare sangat berkhasiat dalam mengobati pelbagai penyakit termasuk penyakit diabetes melitus. Walaupun pare memiliki rasa yang pahit, tanaman pare dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi untuk penderita penyakit diabetes melitus. Tanaman pare dapat merangsang pembentukan insulin di dalam tubuh. Hormon insulin sangat diperlukan dalam hal transportasiasi glukosa. Hormon ini juga menjadi kunci dalam proses metabolisme glukosa.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Nitips.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :