Obat Herbal untuk Diabetes Tanpa Efek Samping

Obat herbal untuk diabetes berasal dari tanaman yang berkhasiat dalam mengobati penyakit diabetes melitus. Obat herbal untuk diabetes tidak memiliki efek samping yang begitu berarti sehingga obat herbal untuk diabetes umumnya dapat dikonsumsi bersamaan dengan obat diabetes lain yang terbuat dari bahan kimia yang mengandung efek samping. Penggunaan kedua obat, baik yang terbuat dari bahan kimia maupun obat yang terbuat dari bahan herbal memiliki tujuan yang sama yaitu ingin menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh.



obat herbal untuk diabetes
Alat cek gula darah merek GlucoDr


Obat herbal untuk diabetes yang paling sering digunakan untuk mengobati penyakit ini umumnya merupakan tanaman atau buah-buhan. Tanaman tersebut mengandung pelbagai zat yang berhubungan dalam proses metabolisme gula. Obat herbal yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit tersebut ialah buah mengkudu. Buah ini terkenal akan manfaatnya. Dalam kenyataannya buah mengkudu juga bermanfaat untuk mengobati penyakit diabetes melitus. Dengan cara membuat obat herbal dari buah mengkudu yang di blender. Kemudian, di saring dan di minum sari patinya.

Mengonsumsi obat herbal diabetes sama halnya seperti mengonsumsi obat-obatan yang diberikan oleh dokter. Obat herbal ini harus dikonsumsi bersamaan dengan pengaturan pola hidup seperti pola diet dan olahraga. Karena apabila tidak disertai dengan kedua hal tersebut, maka penurunan kadar gula darah tidak akan optimal. Secara kasar dapat dikatakan percuma saja mengonsumsi obat-obatan untuk penyakit diabetes namun tidak mengurangi faktor risiko yang dapat menimbulkan penyakit diabetes.

Pada umumnya faktor risiko yang mampu menyebabkan timbulnya penyakit diabetes ialah pola hidup yang tidak sehat. Misalnya, obesitas akibat kurang berolah raga dan mengonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi. Hal tersebut menjadi salah satu faktor risiko timbulnya penyakit diabetes.

Obat Herbal untuk Diabetes Melitus

Obat herbal untuk diabetes melitus dapat di buat sendiri ataupun di peroleh dari apotek dalam bentuk ekstrak. Ekstrak obat herbal dariapotek sudah sesuai takaran atau dosis, berbeda apabila membuat sendiri obat tersebut. Kita tidak akan mengetahui berapa banyak obat herbal yang kita minum agar mendapatkan hasil yang optimal.

Obat herbal untuk diabetes melitus dapat kita buat sendiri, dapat diambil dari bahan kunyit. Kunyit terkenal akan fungsinya dalam bumbu dapur juga dapat digunakan untuk dijadikan sebagai obat herbal untuk diabetes melitus. Obat herbal ini dibuat dengan cara direbus bersamaan dengan tambahan sedikit garam. Kemudian, minumlah air tersebut secara teratur.

Obat herbal untuk diabetes melitus selanjutnya berbahan dasar dari tanaman daun insulin. Sesuai dengan namanya, tanaman daun insulin dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh penderita dengan cara merangsang tubuh untuk memproduksi insulin. Insulin di produksi oleh kelenjar pankreas sehingga, apabila insulin mampu di produksi maka dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

Obat herbal lainnya yang tak kalah penting ialah berasal dari tanaman mahkota dewa. Selain dapat mengobati penyakit diabetes melitus, tanaman mahkota dewa juga dapat mengobati penyakit jantung dan lain-lain. Obat herbal ini memiliki efek samping berupa rasa pahit namun tetap sehat untuk di konsumsi.


Oleh: Bidan Esi
Editor: Adrie Noor
Sumber: Nitips.com dan biofarmaka.ipb.ac.id



Terima kasih untuk Like/comment FB :