Obat Luka Diabetes Sesuai Anjuran Dokter

Obat luka diabetes yang digunakan pada umumnya ialah obat untuk perawatan luka. Luka pada penderita penyakit diabetes ini, disebabkan akibat adanya gangguan pada fungsi saraf penderita  sehingga penderita tidak merasakan sakit apabila terdapat luka tusuk. Luka tersebut semakin lama akan semakin besar bahkan dapat mengalami infeksi apabila tidak diberikan obat luka diabetes. Luka yang semakin parah disebabkan kadar gula darah di dalam tubuh penderita, hal ini menyebabkan luka semakin sulit untuk disembuhkan.



obat luka diabetes


Alat cek gula darah merek Nesco


Luka kaki diawali dengan kesemutan, mati rasa, dan terjadi luka. Kadar gula yang tinggi membuat bakteri leluasa berkembang biak, akibatnya luka akan membusuk. Hal ini diperparah oleh metabolisme tubuh yang terganggu sehingga menyebabkan beberapa hal dintranya kaki tidak mendapatkan aliran darah yang cukup, jaringan saraf rusak, dan tidak terjadi pelumasan pada kaki karena rusaknya jaringan.

Luka pada penderita penyakit diabetes melitus dapat menjadi luka infeksi apabila penderita mengalami neuropathy, vasculopathy dan immunopathy. Neuropathy merupakan suatu keadaan jaringan saraf yang mengalami pelbagai kerusakan. Hal ini merupakan awal dari adanya luka di kaki. Gejala yang muncul akibat dari adanya neuropathy ialah sistem otonomik, sensori, dan motorik yang mengalami kerusakan. Seperti terdapat perasaan baal apabila kaki tertusuk suatu benda atau menginjak sesuatu yang bersifat panas, pada penderita diabetes mereka tidak merasakan rasa panas tersebut. Hal ini pun menjadi penyebab ketika luka tersebut dibilas atau dicuci dengan cairan kimia, penderita luka diabetes tidak merasakan adanya sakit.

Vasculopathy merupakan keadaan tidak berjalan lancarnya peredaran darah  sehingga penyebaran oksigen ke seluruh tubuh khususnya kaki terhambat. Begitu pula yang terjadi pada penyebaran nutrisi dan mineral pada seluruh tubuh melalui aliran darah. Sedangkan Immunopathy ialah suatu keadaan  penderita penyakit diabetes melitus emngalami penurunan imunitas atau sistem kekebalan tubuh  sehingga penderita penyakit diabetes melitus mudah sekali untuk mengalami pelbagai penyakit serta infeksi apabila terdapat luka.

Obat Luka Diabetes Melitus

Pada umumnya luka diabetes cukup sulit disembuhkan dengan menggunakan obat luka. Faktanya luka pada bagian anggota tubuh penderita harus diamputasi. Namun, hal ini tidak akan terjadi bila kadar gula darah dari penderita penyakit diabetes terkontrol dan luka diabetes dirawat dengan baik.

Obat luka diabetes sama dengan obat dalam perawatan luka biasa. Umumnya, obat luka diabetes yang digunakan ialah betadine, NaCl, dan alkohol. Ketiga obat tersebut digunakan untuk merawat luka diabetes agar tidak mengalami infeksi.

Selain obat luka diabetes, penderita penyakit diabetes yang mengalami luka juga diwajibkan untuk mengonsumsi obat-obatan penurun kadar gula darah. Obat-obatan tersebut dikonsumsi untuk menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh  sehingga penyembuhan luka dapat berjalan lebih cepat. Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa obat luka diabetes merupakan paduan dari obat perawatan luka dan obat penyakit diabetes itu sendiri.

Kedua hal tersebut baik obat luka diabetes dan obat penurun kadar gula darah wajib dijalankan, hal ini berguna untuk menyembuhkan luka yang terjadi pada penderita penyakit diabetes melitus. Tingginya kadar gula darah di dalam tubuh penderita membuat luka yang dialami menjadi sangat sulit untuk sembuh sehingga, untuk menurunkan kadar gula darah menjadi bagian penting dalam mengobati luka diabetes.


Oleh: Bidan Esi
Editor: Adrie Noor
Sumber: Microgist.blogspot.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :