Obat-Obatan pada Diabetes Tipe 2 (Herbal)

Obat-obatan pada diabetes tipe 2 bisa berupa zat kimia maupun herbal. Obat-obatan bersifat herbal atau tradisional kini banyak digunakan sebagai alternatif oleh penderita penyakit diabetes. Obat tradisional adalah obat-obatan yang diolah secara tradisional, turun temurun, berdasarkan resep nenek moyang, adat istiadat, kepercayaan, atau kebiasaan setempat baik bersifat magis maupun pengetahuan tradisional. Menurut penelitian masa kini, obat-obatan tradisional sebagai obat-obatan pada diabetes tipe 2 memang bermanfaat bagi kesehatan dan kini sedang digencarkan penggunaannya karena lebih mudah dijangkau masyarakat, baik dari segi harga maupun ketersediaannya. Obat tradisional sebagai obat-obatan pada diabetes tipe 2, pada saat ini banyak digunakan karena menurut beberapa penelitian tidak menyebabkan efek samping dan mudah dicerna oleh tubuh.


obat-obatan pada diabetes tipe 2
Alat cek gula darah merek GlucoDr


Beberapa perusahaan mengolah obat-obatan tradisional yang dimodifikasi lebih lanjut. Bagian dari obat tradisional yang bisa dimanfaatkan adalah akar, rimpang, batang, buah, daun, dan bunga. Bentuk obat tradisional sebagai obat-obatan pada diabetes tipe 2 yang banyak dijual dipasar dalam bentuk kapsul, serbuk, cair, simplisia dan tablet. Beberapa orang banyak beralih dari pengobatan dokter ke pengobatan tradisional untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam penyembuhan penyakitnya.

Tanaman yang Memiliki Khasiat Sebagai Obat-Obatan pada Diabetes Tipe 2

Salah satu penyakit yang semakin hari semakin meningkat jumlah penderitanya adalah diabetes melitus. Banyak para peneliti yang mencoba mencari pengobatan yang paling ampuh untuk mengatasi penyakit ini mulai dari pengobatan modern sampai tradisional. Obat tradisional merupakan obat alternatif apabila pengobatan modern oleh dokter belum memperlihatkan hasil yang baik. Berbagai tanaman yang memiliki khasiat sebagai obat-obatan pada diabetes tipe 2 di antaranya ialah:
  • Gandum dan oatmeal: Setengah cangkir oatmeal, menambah serat larut sebanyak 3 gr, dan 1 cangkir oatmeal masak mengandung 2 gr serat larut, 1 saset oatmeal instan menambah 1 gr serat;
  • Beberapa jenis buah: Apel, mangga, prem, kiwi, pir, beri hitam, strawberry, rasberri, persik, aprikot, jeruk, anggur. Merupakan buah-buahan yang kaya akan serat, dan sangat bagus membantu penderita diabetes melitus;
  • Produk biji Psilium: Satu sendok teh penuh sebagian besar psilium produk psilium akan memberikan sekitar 3 gr serat larut;
  • Buncis: Setengah kacang merah rebus, kacang kranbei, butterbean, kacang panggang kaleng, kacang hitam, kacang navy, lentil, kacang pinto, kacang great northern, kacang polong, kacang belah dan kacang lima;
  • Gandum hitam: Gandum jenis ini biasanya ada di wilayah Amerika dan biasanya di masak sebagai sup;
  • Beberapa jenis sayuran: Articok, umbi seledri, ubi, par-snip, lobak china, labu acorn, kentang, kubis brussel, kubis, kacang polong, brokoli, wortel, kacang hijau prancis, kembang kol, dan asparagus.
Selain tanaman di atas kulit manggis ternayata dapat dijadikan sebagai obat tradisional untuk diabetes melitus. Manfaat kulit manggis bagi penderita penyakit diabetes melitus adalah untuk menurunkan kadar gula dalam darah yang disebabkan karena tidak berfungsinya organ pankreas. Kulit manggis mengandung zat xanthone yang sangat baik untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit, maka salah satu manfaat kulit manggis adalah untuk mengurangi resistensi insulin pada penderita gula darah.

Xanthone dan flavonoid yang terdapat didalam kulit manggis bersifat antioksidan. Antioksidan super ini melindungi serta mencegah sel beta pankreas rusak akibat radikal bebas. Sel tersebut akan mengalami regenerasi sehingga kembali memproduksi insulin yang cukup untuk menurunkan gula darah. Sebagai senyawa antioksidan yang sangat diperlukan oleh tubuh, maka ekstrak kulit manggis berkhasiat sebagai antiradang, antibakteri, dan juga sebagai antikanker. Pada penderita diabetes, organ pankreas tidak dapat memproduksi hormon insulin secara normal.

Sama halnya dengan kulit manggis, daun sirsak pun ternayata memiliki manfaat dapat mengobati diabetes melitus dengan meningkatkan fungsi sel beta pankreas untuk menghasilkan insulin. Dari segi kandungan gizi sirsak memiliki banyak kandungan yang baik bagi tubuh, di antaranya adalah fruktosa, lemak, protein, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, dan vitamin B, kemudian senyawa golongan tanin, fitosterol, dan alkaloida serta acetogenin.


Oleh: Bidan Esi
Editor: Adrie Noor
Daftar Pustaka: obatdiabetesmelitus.net



Terima kasih untuk Like/comment FB :