Obat Penyakit Diabetes Melitus dari Herbal

Obat penyakit diabetes dapat berbahan dasar dari bahan kimia maupun dari bahan herbal. Obat penyakit ini dibuat agar dapat menurunkan kadar gula darah. Obat berasal dari bahan herbal ataupun dari bahan kimia, bila dikonsumsi akan memberikan efek terhadap penurunan kadar gula darah yang tinggi. Namun, dalam penggunaan obat berbahan dasar dari bahan kimia biasanya memiliki efek samping apabila digunakan. Sedangkan untuk obat yang berbahan dasar dari herbal, kebanyakan tidak memiliki efek samping  sehingga tergolong aman untuk digunakan.



obat penyakit diabetes


Alat cek gula darah merek Nesco


Obat penyakit diabetes yang berbahan dasar dari bahan kimia memiliki efek samping tersendiri di antaranya seperti pusing, mual, dan lain sebagainya. Maka dari itu, penggunaan obat diabetes yang berbahan dasar dari bahan kimia dibatasi berkenaan dengan efek samping yang dapat ditimbulkan. Selain itu, obat diabetes yang berbahan dasar kimia memiliki dosis penggunaan yang ditentukan serta tidak sembarang orang dapat memperoleh obat diabetes. Obat diabetes akan diperoleh hanya dengan menggunakan resep dokter.

Berbeda lagi dengan obat penyakit diabetes yang berbahan dasar dari bahan herbal. Umumnya, obat ini diperoleh dengan cara membuat sendiri. Misalnya, obat penyakit diabetes yang dibuat dari buah mengkudu. Cara membuat obat dari buah mengkudu dilakukan dengan cara memblender buah tersebut, kemudian air dari mengkudu disaring lalu diminum sebanyak satu gelas.

Obat Penyakit Diabetes Melitus dari Herbal

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, obat penyakit diabetes dapat dibuat dari bahan kimia ataupun dari bahan herbal. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas obat penyakit diabetes melitus yang dibuat dari bahan herbal. Obat tersebut memiliki efek samping yang sedikit bahkan ada bahan herbal yang tidak menimbulkan efek samping sama sekali. Obat diabetes dari bahan herbal seperti dari tanaman daun insulin sangat terkenal bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah tinggi. Obat herbal ini dibuat dengan cara direbus, lalu air rebusan diminum setiap hari agar mendapatkan hasil yang optimal. Tanaman daun insulin dapat dijadikan sebagai obat untuk penyakit diabetes melitus karena di dalam tanaman tersebut mengandung senyawa yang dapat merangsang tubuh untuk memproduksi insulin. Seperti yang kita ketahui, insulin merupakan kunci dalam proses metabolisme glukosa  sehingga gula darah yang tinggi dalam tubuh penderita dapat menurun.

Obat untuk penyakit diabetes selanjutnya ialah tanaman kunyit. Tanaman kunyit selain berfungsi sebagai bumbu dapur juga berfungsi menurunkan kadar gula darah dalam tubuh penderita. Cara membuat obat untuk mengobati penyakit diabetes melitus yang berasal dari tanaman kunyit ialah dengan cara direbus. Rebus satu rimpang tanaman kunyit dan ditambahkan dengan satu sendok teh garam ke dalam air sebanyak 1 literdan biarkan sampai mendidih. Setelah itu biarkan air tersebut mendingin, kemudian diminum. Air rebusan tanaman kunyit hanya perlu diminum satu gelas saja untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Obat herbal diabetes ini dapat diminum bersamaan dengan obat yang berbahan dasar bahan kimia. Tentunya dengan dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter yang menangani, hal ini dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya efek samping yang mungkin timbul akibat dari penggunaan obat tersebut.


Oleh: Bidan Esi
Editor: Adrie Noor
Sumber: Nitips.com dan biofarmaka.ipb.ac.id



Terima kasih untuk Like/comment FB :