Obat Tradisional Diabetes Melitus Tipe 1 dan 2

Obat tradisional diabetes melitus merupakan sebuah alternatif dalam melakukan pengobatan diabetes melitus. Adapun beberapa obat tradisional diabetes melitus yang dapat digunakan antara lain: ramuan jahe, jus jeli lidah buaya, dan lain sebagainya. Semua obat tradisional diabetes melitus tersebut dapat secara efektif menurunkan kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh penderita penyakit diabetes melitus.



obat tradisional diabetes melitus
Alat cek gula darah merek Easy Touch

Obat Tradisional Diabetes Melitus Tipe 1 dan 2

Ramuan Jahe 
Obat tradisional diabetes melitus yang dapat digunakan untuk mengontrol kadar gula darah di antaranya ialah ramuan jahe. Jahe telah lama digunakan sebagai obat tradisional diabetes melitus. Cara melakukan perawatan dengan menggunakan ramuan jahe yaitu dengan mengambil rimpang jahe segar kemudian dihancurkan kasar sehingga akan mengeluarkan zat khusus ketika direbus. Kemudian ramuan jahe tersebut dapat dikonsumsi untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Selain untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, ramuan jahe juga dapat meningkatkan penyerapan gula dalam darah ke otot sehingga tidak membutuhkan insulin yang terlalu banyak serta dapat mengatur kadar gula darah yang tinggi.

Jus jeli lidah buaya 
Selain menggunakan ramuan jahe, obat tradisional diabetes melitus yang selanjutnya bisa dengan cara mengonsumsi jus jeli lidah buaya. Untuk membuat jus jeli lidah buaya yaitu dengan cara mengambil bagian tengah daging lidah buaya yang berbentuk seperti jeli. Kemudian bagian lidah buaya tersebut dihaluskan untuk dikonsumsi.

Lidah buaya memiliki kandungan senyawa aktif yang dapat membantu menurunkan lemak dalam darah sehingga penting untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Selain itu, bahan gel yang terdapat di dalam lidah buaya dapat pula digunakan untuk menyembuhkan luka atau bisul pada penderita diabetes. Lidah buaya mengandung senyawa lektin, antrakuinon dan manans yang sangat baik untuk penderita diabetes. Selain dengan menggunakan obat tradisional diabetes melitus yang telah dijelaskan diatas, untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh dapat juga dilakukan dengan cara mengatur jumlah asupan makanan. Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Blueberry 
Buah blueberry dapat digunakan mengatasi diabetes dikarenakan buah tersebut kaya akan serat larut yang dapat digunakan untuk mengontrol lemak dan meningkatkan efek tubuh yang terhadap pengaturan kadar gula darah. Selain itu, ekstrak buah ini dapat mengatur hormon adiponekti  hormon tersebut berfungsi untuk mengatur kadar gula dalam darah. Untuk mendapatkan buah ini memang tidak mudah. Namun, biasanya buah ini dapat ditemukan di toko buah khusus.

Brokoli, Kale, dan Kembang Kol 
Sayuran seperti brokoli, kale dan kembang memiliki kandungan senyawa sulforaphane yang dapat menyebabkan efek anti peradangan. Senyawa tersebut juga penting untuk melindungi tubuh dari sel kanker. Selain itu, ketiga sayuran tersebut juga memiliki manfaat untuk melindungi pembuluh darah sehingga para penderita diabetes yang mengonsumsi sayuran ini dapat terhindar dari penyakit jantung.

Minyak Zaitun 
Bagi penderita diabetes sangat disarankan untuk menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun dapat mengurangi resiko diabetes 2 hingga 70 persen. Selain itu, minyak zaitun juga sangat baik untuk melindungi tubuh dari berbagai efek kerusakan dan baik pula untuk mengatasi masalah penyakit jantung.

Ikan salmon
Kandungan tinggi protein yang terdapat di dalam ikan salmon sangatlah baik bagi penderita diabetes. Ikan salmon juga sangat baik dalam mengatasi masalah pada pembuluh darah sehingga dapat mengatasi peradangan. Ikan salmon mengandung protein tinggi yang sangat baik untuk penderita diabetes. Selain itu, ikan ini juga baik untuk mengatasi masalah stroke dan serangan jantung. Salah satu cara memanfaatkan ikan salmon untuk mengobati diabetes adalah dengan menghindari memasak ikan tersebut dengan cara digoreng. Lebih baik jika olahan ikan salmon dipanggang atau dikukus.


Oleh: Bidan Sulis
Editor: Adrie Noor
Sumber: halosehat.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :