Pantangan Diabetes yang Wajib Diketahui

Pantangan diabetes menjadi pantangan yang perlu dihindari karena pantangan diabetes ini akan berkaitan dengan peningkatan kadar gula darah di dalam tubuh. Pada umumnya pantangan diabetes ini berupa makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh penderita penyakit diabetes melitus. Saat seseorang terkena penyakit diabetes melitus maka kadar gula darah di dalam tubuhnya akan meningkat. Apabila ditambah lagi dengan mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh maka akan memperparah kondisi dari penyakitnya.



Pantangan Diabetes
Alat cek gula darah merek Nesco


Selain itu, mengkonsumsi makanan yang menjadi pantangan diabetes dapat menimbulkan komplikasi penyakit lainnya, di antaranya ialah penyakit yang berkenaan dengan organ ginjal dan jantung. Ginjal dan jantung merupakan organ vital yang terdapat dalam tubuh. Apabila organ-organ tersebut terganggu maka dapat mengancam nyawa orang tersebut.

Makanan Pantangan Diabetes

Untuk menghindari komplikasi dari penyakit diabetes mellitus maka penderita penyakit diabetes melitus wajib menghindari makanan pantangan diabetes. Terdapat beberapa makanan pantangan diabetes yang dilarang untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes, di antaranya ialah makanan yang digoreng, kafein, minuman yang mengandung alkohol, makanan yang berminyak, buah yang memiliki rasa manis, nasi, dan sebagainya.

Makanan yang dibuat dengan cara digoreng selain dapat meningkatkan kadar gula darah juga dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Peningkatan baik kadar gula darah maupun kadar kolesterol di dalam tubuh dapat membuat kesehatan tubuh penderita diabetes melitus menjadi tidak baik. Bahkan hal ini memicu terjadinya komplikasi penyakit lain seperti penyakit jantung. Penyakit jantung pada penderita penyakit diabetes melitus dapat timbul sebagai akibat dari kadar kolesterol yang tinggi.

Makanan yang mengandung kafein juga tidak baik untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes melitus karena kafein dapat memengaruhi fungsi kerja dari organ hati dan pankreas. Seperti yang kita ketahui bahwa organ tersebut berpengaruh terhadap pembentukan hormon insulin yang berfungsi dalam transpor glukosa atau zat gula. Selain itu, insulin juga dapat mengubah zat gula tersebut untuk menjadi energi yang digunakan oleh tubuh. Apabila insulin dalam tubuh jumlahnya kurang bahkan tidak ada maka dapat terjadi penumpukkan gula di dalam darah. Hal ini membuat penyakit diabetes melitus semakin parah. Kafein banyak terkandung di dalam minuman seperti kopi terutama kopi krimer.

Minuman yang mengandung alkohol juga menjadi pantangan diabetes karena di dalam minuman yang beralkohol mengandung alkohol dan gula yang dapat membuat organ hati dan pankreas mengalami kesulitan dalam membentuk hormon insulin. Minuman yang beralkohol selain dapat memperparah penyakit diabetes melitus juga dapat menimbulkan penyakit mematikan lainnya.

Makanan yang berminyak menjadi pantangan diabetes karena dalam makanan yang berminyak biasanya mengandung lemak jenuh atau lemak jahat yang dapat memicu peningkatan kolesterol. Selain itu, makanan yang berminyak juga dapat memicu terjadinya obesitas sehingga memungkinkan penderita penyakit diabetes melitus mengalami penyakit lain, yaitu seperti penyakit jantung.

Tidak semua buah dapat dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes melitus. Terdapat beberapa buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes melitus karena dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuhnya. Buah-buahan tersebut, di antaranya ialah buah mangga, buah durian, buah semangka, dan sebagainya.

Nasi juga dapat menjadi pantangan bagi penderita penyakit diabetes melitus. Nasi yang dimaksud di sini ialah nasi yang mengandung kadar gula darah yang tinggi seperti nasi putih. Maka dari itu, sebaiknya nasi putih pada penderita penyakit diabetes melitus digantikan dengan nasi jagung ataupun nasi merah yang mengandung kadar gula yang sedikit.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Nitips.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :