Pencegahan Diabetes Melitus Secara Alami

Pencegahan diabetes yang dilakukan umumnya ialah dengan cara menghindari segala sesuatu yang dapat menimbulkan terjadinya penyakit diabetes. Dengan kata lain, pencegahan diabetes dilakukan dengan menghindari penyebab diabetes. Sebelum melakukan tindakan pencegahan diabetes sangatlah penting untuk mengetahui tentang diabetes termasuk penyebab diabetes. Setelah tahu tentang semua seluk beluk penyakit diabetes, barulah dapat memulai tindakan pencegahan diabetes. Tindakan yang dilakukan untuk mencegah penyakit diabetes ini sebenarnya sangatlah mudah untuk dilakukan. Namun, diperlukan komitmen dan konsistensi dalam melakukan tindakan ini.



Pencegahan Diabetes


Alat cek gula darah merk GlucoDr

Pencegahan Diabetes Melitus

Pencegahan diabetes melitus yang pertama dapat dilakukan dengan mengatur pola makan. Mengatur pola makan tidak hanya membatasi jumlah makanan yang kita makan melainkan kita juga harus mengatur dan memilih makanan yang kita makan sehari-hari. Khusus untuk menghindari penyakit diabetes melitus makanan yang kita pilih ialah makanan yang kaya akan serat serta memiliki kadar indeks glikemik yang rendah agar tidak dapat menaikkan kadar gula darah di dalam tubuh. Contoh makanan yang mengandung banyak serat serta mengandung indeks glikemik yang rendah ialah jagung, ubi jalar, gandum, pisang, kiwi, plim, aprikot, berry, dan sebagainya. Sebaliknya, kita harus menghindari makanan yang dapat menaikkan kadar gula darah di dalam tubuh. Makanan tersebut seperti sirup, kue tart, permen, dan sebagainya.

Pencegahan diabetes melitus juga dapat dilakukan dengan cara berolahraga. Olahraga dapat membuat badan sehat dan membuat berat badan kita menjadi stabil. Seperti yang kita ketahui bahwa kelebihan berat badan atau obesitas merupakan salah satu faktor risiko dari terjadinya penyakit diabetes melitus. Untuk itu, cegah terjadinya obesitas dengan berolahraga. Selain itu, berolahraga juga dapat mengkontrol kadar gula darah serta meningkatkan sensitivitas dari insulin dalam proses metabolisme glukosa. Setidaknya, lakukanlah olahraga sesuai dengan kesukaan anda setiap hari minimal selama 30 menit agar kadar gula darah dalam keadaan stabil.

Menghindari makanan yang berlemak juga dapat menjadi salah satu cara dalam mencegah penyakit diabetes melitus. Makanan yang berlemak pada umumnya mengandung lemak jenuh yang tinggi atau disebut juga dengan lemak jahat. Lemak jahat apabila tertimbun di dalam tubuh maka dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Hal ini secara tidak langsung dapat menaikkan pula kadar gula darah di dalam tubuh. Maka dari itu, sebaiknya hindari makanan berlemak seperti junk food, gorengan, dan sebagainya.

Menghindari minuman manis atau yang mengandung pemanis buatan juga menjadi cara yang baik dalam mencegah terjadinya penyakit diabetes melitus. Sangatlah jelas minuman ini dapat meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh.

Banyak makan sayuran dapat dilakukan untuk menghindari penyakit diabetes melitus. Makanan seperti sayuran ini terutama seperti sayur bayam dan sebagainya aman untuk dikonsumsi karena tidak akan meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh.

Tidur yang berkualitas juga merupakan salah satu cara dalam mencegah terjadinya penyakit diabetes melitus. Setidaknya setiap hari kita tidur dalam waktu 6 jam. Kurang tidur dapat mengakibatkan terjadinya peningkatan terhadap hormon kortisol di dalam tubuh yang dapat membuat meningkatnya insulin sehingga membuat kadar gula darah di dalam tubuh juga ikut meningkat. Apabila tidur dalam keadaan yang tidak nyenyak maka dapat berpotensi untuk meningkatkan nafsu makan sehingga kembali lagi apabila makanan tidak terkontrol maka dapat menimbulkan penyakit diabetes melitus.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Merdeka.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :