Pengertian Diabetes Melitus Dalam Kehamilan

Pengertian diabetes melitus dapat diartikan sebagai suatu penyakit yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula di dalam darah. Adanya peningkatan kadar gula di dalam darah bila dibiarkan menetap maka dapat menimbulkan berbagai komplikasi penyakit lain. Komplikasi yang dapat terjadi sebagai akibat dari adanya penyakit diabetes melitus ini ialah adanya gangguan penglihatan sampai dengan kebutaan, adanya gangguan pada organ ginjal, dan sebagainya. Pengertian diabetes melitus ini dilihat dari komplikasi yang ditimbulkan.



pengertian diabetes melitus
Alat cek gula darah merek GlucoDr


Pengertian diabetes melitus apabila dilihat dari bahasa Yunani dapat diartikan sebagai tembus atau pancuran air, dan dari bahasa latin memiliki pengertian sebagai rasa manis, sedangkan pengertian diabetes melitus di Indonesia mengandung arti sebagai kencing manis. Sebutan kencing manis pada penyakit diabetes melitus ini berkaitan dengan tingginya kadar gula darah di dalam tubuh penderita penyakit diabetes mellitus sehingga di dalam urin penderita penyakit diabetes melitus mengandung gula atau glukosa.

Pengertian Diabetes Melitus Tipe 1

Penyakit diabetes tipe 1 disebut juga sebagai insulin independent mellitus. Insulin independent mellitus mengandung arti sebagai penyakit yang bergantung kepada insulin sehingga dapat disimpulkan bahwa pengertian diabetes melitus tipe 1 mengandung makna sebagai suatu penyakit yang terjadi sebagai akibat dari tingginya kadar gula darah di dalam tubuh sehingga untuk mengobatinya diperlukan insulin tambahan dari luar karena pankreas tidak mampu untuk memproduksi insulin.

Penyakit diabetes tipe 1 sebagian besar terjadi pada orang dengan usia di bawah 30 tahun bahkan pada anak-anak. Untuk itu, penyakit diabetes tipe 1 disebut juga dengan diabates anak-anak karena paling banyak diderita oleh anak-anak dan remaja. Pada penderita penyakit diabetes melitus tipe 1 yang terjadi ialah sistem autoimun merusak sel-sel yang dapat menghasilkan insulin di pankreas. Selain sistem autoimun, infeksi virus juga dapat merusak sel-sel penghasil insulin sehingga mengakibatkan hormon insulin di dalam tubuh berkurang dan membuat gula darah tertimbun di dalam darah.

Pengertian Diabetes Melitus Tipe 2

Penyakit diabetes melitus tipe 2 disebut juga dengan non-insulin dependent diabetes mellitus. Non-insulin dependent diabetes mellitus mengandung makna sebagai suatu penyakit yang tidak bergantung kepada insulin. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengertian diabetes melitus tipe 2 mengandung makna sebagai sebagai suatu penyakit yang terjadi sebagai akibat dari tingginya kadar gula darah di dalam tubuh. Namun, untuk mengobatinya tidak perlu menggunakan insulin tambahan dari luar. Pada penyakit diabetes tipe 2, pankreas masih dapat berfungsi dengan baik dalam memproduksi insulin. Namun, insulin yang diproduksi tidak mencukupi untuk proses metabolisme glukosa karena kebanyakan insulin digunakan untuk metabolisme lemak sebagai akibat dari gaya hidup dan pola makan yang tidak baik.

Penyakit diabetes melitus tipe 2 merupakan tipe dari penyakit diabetes yang paling banyak diderita. Sebagian besar penyakit ini diderita oleh orang dengan usia di atas 30 tahun. Bahkan seiring dengan bertambahnya usia, penyakit ini berkembang ke arah yang lebih parah.

Pengertian Diabetes Mellitus dalam Kehamilan

Diabetes mellitus adalah penyakit metabolik yang ditandai dengan terjadinya hiperglikemi yang disebabkan oleh gangguan sekresi insulin dan atau kerja insulin sehingga terjadi abormalitas metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein. Pengertian diabetes melitus dalam kehamilan mengandung makna sebagai suatu penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi karena adanya kehamilan dan dapat berpengaruh buruk baik terhadap ibu maupun janin yang dikandungnya.

Secara klinik diabetes mellitus adalah sindroma yang merupakan gabungan kumpulan gejala-gejala klinik yang meliputi aspek metabolik dan vaskuler, yaitu hiperglikemi puasa dan post prandial, aterosklerotik dan penyakit vaskuler mikroangiopati, serta hampir semua organ tubuh akan terkena dampaknya.

Pencarian diabetes dalam kehamilan dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan ibu hamil dan meyakinkan seorang ibu untuk melakukan pemeriksaan skrining untuk tes setelah melahirkan.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Diabetesindo.weebly.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :