Pengertian Diabetes Berdasarkan Tipenya

Pengertian diabetes ialah suatu penyakit yang dapat membuat kadar gula darah di dalam tubuh meningkat. Selain itu, penyakit ini berkaitan dengan kemampuan pankreas dalam memproduksi insulin. Apabila pankreas di dalam tubuh mengalami kerusakan maka organ tersebut tidak mampu memproduksi insulin. Hal ini dapat menjadi penyebab timbulnya penyakit diabetes melitus tipe 1. Sedangkan apabila pankreas masih dapat memproduksi insulin secara normal tetapi insulin tidak dapat mengolah glukosa akibat dari kadar glukosa yang terlalu tinggi maka insulin hanya mampu mengolah sedikit glukosa. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya penyakit diabetes tipe 2.



Pengertian Diabetes
Alat cek gula darah merek Nesco


Apabila dilihat dari asal katanya, pengertian diabetes mengandung makna tembus, pancuran air atau rasa manis. Dari asal kata tersebut, kita dapat menarik kesimpulan bahwa pengertian penyakit diabetes dapat diartikan pula sebagai kencing manis sehingga, masyarakat sering menyebut penyakit ini sebagai penyakit kencing manis.

Penyebutan penyakit diabetes melitus sebagai penyakit kencing manis dikarenakan pada penyakit ini, penderita memiliki air urine yang mengandung gula atau glukosa. Adanya gula atau glukosa pada air urine penderita merupakan hal yang biasa terjadi sebagai akibat tingginya kadar gula darah di dalam tubuh.

Pengertian Diabetes Melitus berdasarkan Tipenya

Seperti yang telah kita ketahui, penyakit diabetes melitus memiliki dua tipe yaitu penyakit diabetes melitus tipe 1 dan penyakit diabetes melitus tipe 2. Penyakit diabetes melitus tipe 1 memiliki nama lain yaitu insulin independent melitus. Maksud dari nama lain ini ialah penyakit yang bergantung kepada keberadaan dari insulin. Pengertian ini berhubungan dengan adanya kerusakan pada organ kelenjar pankreas yang membuat organ tersebut tidak mampu untuk memproduksi hormon insulin. Akibatnya, kadar gula darah dalam tubuh penderita penyakit diabetes melitus tetap dalam keadaan tinggi.

Pengertian diabetes melitus tipe 1 juga berkaitan dengan tingkatan usia penderita, penyakit ini banyak diderita oleh orang dengan usia dibawah 30 tahun. Selain itu, untuk penyakit ini disebut juga dengan penyakit diabetes anak-anak karena kebanyakan menyerang anak-anak yang memiliki keturunan penyakit diabetes melitus dari orang tuanya. Penyakit ini menyerang anak-anak, umumnya diakibatkan oleh reaksi autoimun. Reaksi ini merupakan suatu reaksi dari sistem kekebalan tubuh yang menyerang organ dalam tubuh. Dalam hal ini ialah organ kelenjar pankreas sehingga, organ ini mengalami kerusakan dan tidak dapat memproduksi hormon insulin. Selain reaksi autoimun, organ kelenjar pankreas dapat mengalami kerusakan akibat infeksi virus. Adanya infeksi dapat merusak sel-sel yang ada di dalam organ kelenjar pankreas yang menghasilkan insulin  sehingga menyebabkan hormon insulin tidak dapat terbentuk.

Penyakit diabetes melitus tipe 2 disebut juga dengan non-insulin dependent diabetes melitus. Non insulin dependent diabetes melitus mengandung makna sebagai suatu penyakit yang tidak bergantung kepada insulin. Pengertian ini dapat disimpulkan bahwa penyakit diabetes melitus tipe 2 mengandung makna sebagai sebagai suatu penyakit yang terjadi sebagai akibat dari tingginya kadar gula darah di dalam tubuh. Namun,untuk pengobatan tidak perlu menggunakan insulin tambahan dari luar. Pada penyakit ini, pankreas masih dapat berfungsi dengan baik dalam memproduksi insulin.


Oleh: Bidan Esi
Editor: Adrie Noor
Sumber: Diabetesindo.weebly.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :