Pengobatan Diabetes Melitus Era Modern

Pengobatan diabetes melitus dapat dilakukan dengan menggunakan obat-obatan yang dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Pengobatan ini umumnya terdiri dari obat-obatan yang terbuat dari bahan kimia. Tentunya dalam menggunakan obat-obatan ini perlu diperhatikan cara penggunaan dan dosis penggunaan obat yang dianjurkan. Selain itu, kita juga harus mengetahui efek samping yang mungkin terjadi dari penggunaan obat-obatan tersebut. Pengobatan utuk mengobati penyakit diabetes melitus yang berbahan dasar bahan kimia di antaranya ialah obat golongan sulfonilurea, biguanida, dan lain sebagainya.



pengobatan diabetes melitus
Alat cek gula darah merek Easy Touch


Pengobatan diabetes melitus ini, bekerja secara optimal dalam menurunkan kadar gula darah yang tinggi apabila digunakan sesuai dengan aturan ataupun petunjuk dari dokter. Pengobatan penyakit ini harus disertai dengan pemantauan kadar gula darah agar tidak terjadi hipoglikemia, hal ini terjadi akibat dari mengonsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan kadar gula darah.

Pengobatan Diabetes Melitus Modern

Pengobatan diabetes melitus modern pada umumnya dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi obat-obatan penurun kadar gula darah yang tinggi. Pengobatan diabetes melitus ini harus dilakukan secara bersamaan dengan penerapan pola hidup sehat disamping mengonsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Dengan melakukan hal yang demikian, diharapkan adanya penurunan kadar gula darah secara optimal.

Pola hidup yang diterapkan ialah pola hidup sehat. Pola hidup ini berkaitan erat dengan penyembuhan penyakit diabetes melitus,pola hidup ini merupakan pengaturan pola makan dan berolahraga. Pengaturan pola makan digunakan untuk memilih jenis makanan yang dikonsumsi. Makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes melitus ialah makanan yang mengandung sedikit gula atau indeks glikemik yang rendah serta rendah kalori. Dengan demikian makanan tersebut tidak memicu kadar gula darah di dalam tubuh penderita untuk meningkat lebih tinggi lagi.

Makanan yang mengandung kadar kalori rendah serta indeks glikemik yang rendah di antaranya ialah seperti nasi merah, gandum, ubi jalar, buah kiwi, buah pisang, dan lain sebagainya. Makanan tersebut aman untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes karena tidak akan membuat kadar gula darah meningkat.//   Selain mengatur jenis makanan yang dikonsumsi, olahraga juga dapat menurunkan kadar gula darah tinggi. Jenis olahraga yang dilakukan dapat disesuaikan dengan kemampuan masing-masing individu dalam melakukan olahraga. Namun, setidaknya sempatkanlah untuk melakukan olahraga ringan seperti jogging atau jalan santai setiap harinya.

Di samping dengan mengatur pola makan dan berolahraga, penderita penyakit diabetes melitus harus mengonsumsi obat-obatan penurun kadar gula darah yang tinggi seperti obat hipoglikemik oral dan insulin. Obat hipoglikemik oral dan insulin ini, telah terbukti ampuh dalam menurunkan kadar gula darah yang tinggi.   Obat hipoglikemik oral terdiri dari beberapa macam golongan di antaranya golongan sulfonilurea, golongan biguanida, dan lain sebagainya. Umumnya obat hipoglikemik oral ini bekerja dengan cara merangsang tubuh agar dapat memproduksi hormon insulin dalam jumlah yang cukup sehingga, kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh dapat dimetabolisme menjadi energi dan kadarnya pun dapat menurun.

Obat penurun kadar gula darah tinggi seperti insulin biasnya digunakan untuk mengobati penyakit diabetes melitus tipe 1. Penyakit diabetes melitus tipe 1 tidak dapat memproduksi hormon insulin sendiri  sehingga dibutuhkan hormon insuin tambahan yang diperoleh dari luar untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuhnya. Hormon insulin ini diberikan dengan cara di suntikkan pada bagian subkutan.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Alodokter.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :