Penyakit Diabetes Melitus dan Klasifikasinya

Penyakit diabetes melitus sering disebut juga sebagai penyakit kencing manis. Penyakit diabetes melitus disebut juga sebagai penyakit kencing manis karena pada penderita penyakit ini terdapat zat gula pada air urinnya. Penyakit diabetes terjadi sebagai akibat dari meningkatnya kadar gula darah di dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit ini merupakan penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat kita. Setiap tahunnya penyakit ini memiliki prevalensi yang terus meningkat sehingga kita wajib waspada terhadap terjadinya penyakit ini.


penyakit diabetes melitus
Alat cek gula darah merek Nesco


Deteksi penyakit diabetes melitus tidak mudah untuk dilakukan. Namun, pendeteksian dini terhadap penyakit ini dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan gula darah secara teratur. Selain itu, penyakit diabetes melitus apabila sudah terlanjur terjadi harus diobati dengan adekuat agar tidak menimbulkan komplikasi penyakit lainnya.

Klasifikasi Penyakit Diabetes Melitus

Klasifikasi penyakit diabetes melitus terdiri dari bermacam-macam. Namun, pada umumnya klasifikasi penyakit diabetes melitus dibedakan atas diabetes melitus tipe 1 dan diabetes melitus tipe 2. Adapula yang mengklasifikasikan diabetes melitus gestasional merupakan penyakit diabetes yang diderita oleh ibu hamil dan masih banyak klasifikasi penyakit diabetes melitus lainnya.

Diabetes melitus tipe 1 terjadi sebagai akibat dari pankreas yang rusak sehingga di dalam tubuh tidak terdapat hormon insulin yang berfungsi dalam tranport glukosa ke dalam sel atau jaringan sedangkan diabetes melitus tipe 2 terjadi sebagai akibat dari hormon insulin yang tidak mencukupi dalam transport glukosa ke dalam sel atau jaringan. Akibat dari keadaan tersebut maka kadar gula darah dalam tubuh meningkat. Sebenarnya, penyakit diabetes melitus bukan merupakan penyakit yang menakutkan apabila gejala dari penyakit ini dapat diketahui lebih awal karena semakin cepat kita mengetahui penyakit diabetes melitus maka semakin besar peluang kesembuhan dalam menyembuhkan penyakit diabetes melitus ini.

Tanda Gejala Penyakit Diabetes

Tanda gejala dari penyakit diabetes yang umumnya terjadi, di antaranya ialah sering merasa haus, sering merasa lapar, sering buang air kecil terutama di malam hari, mudah mengalami penurunan berat badan dengan cepat, sering mengalami infeksi, sering mengalami keputihan, terdapat luka atau luka memar yang sulit untuk sembuh, kulit menjadi kering atau gatal-gatal, atau bisul. Gejala tersebut apabila dibiarkan secara berlarut-larut maka dapat menyebabkan terjadinya komplikasi dari penyakit diabetes melitus.

Rasa lapar yang dirasakan oleh penderita penyakit diabetes terjadi sebagai akibat dari kadar insulin yang tidak cukup dalam mendistribusikan gula ke dalam sel, otot, dan organ untuk dijadikan energi dalam menjalankan fungsinya di dalam tubuh. Bila hal ini terjadi maka dapat menyebabkan adanya rasa lapar. Penurunan berat badan dapat terjadi pada penderita penyakit diabetes sebagai akibat dari kurangnya energi yang memasok ke sel-sel tubuh, dan jaringan otot. Cadangan lemak juga akan menyusut walaupun makanan yang dimakan banyak bahkan lebih banyak dari pada biasanya. Kelelahan dapat terjadi sebagai akibat dari sel-sel tubuh yang kekurangan gula atau glukosa sehingga akan mengalami kelelahan dan mudah marah. Apabila kadar gula darah di dalam tubuh tinggi maka untuk menstabilkannya tubuh akan mengambil cairan yang berasal dari lensa mata sehingga apabila hal ini terjadi maka dapat membuat kemampuan untuk fokus dengan jelas berkurang.


Oleh: Bidan Esi
Editor: Adrie Noor
Sumber: Mayoclinic.org



Terima kasih untuk Like/comment FB :