Penyebab Diabetes Melitus dari Makanan

Penyebab diabetes melitus dapat disebabkan karena beberapa faktor diantaranya ialah faktor keturunan, kebiasaan hidup, dan lingkungan. Penyebab diabetes melitus yang berkaitan dengan faktor genetik sering dikatakan sebagai penyebab utama terjadinya penyakit diabetes melitus. Padahal, belum tentu pada orang yang memiliki gen penyakit diabetes melitus dapat terkena penyakit diabetes mellitus karena diperlukan faktor pencetus penyakit ini. Faktor pencetus penyakit diabetes melitus di antaranya ialah kelebihan berat badan atau obesitas, kurang berolahraga, kehamilan, dan sebagainya.



penyebab diabetes melitus
Alat cek gula darah merek Nesco


Penyebab diabetes melitus dikarenakan adanya kehamilan disebut dengan diabetes melitus gestasional. Hal ini akan berlangsung selama kehamilan. Namun, setelah kehamilan, penyakit ini dapat tidak ada atau menghilang, tetapi ada pula yang berkelanjutan menjadi penyakit diabetes melitus setelah melahirkan.

Selain itu makan makanan yang mengandung gula dan lemak pun dapat menjadi penyebab diabetes melitus. Makanan yang mengandung gula dan lemak yang berlebihan dapat menyebabkan kelenjar pankreas terpaksa harus bekerja keras untuk memproduksi insulin untuk mengolah gula yang masuk ke dalam tubuh. Apabila kelenjar pankreas tidak mampu mengolah gula tersebut maka akan terjadi penumpukkan gula dalam darah dan air urin. Data statistik di Amerika Serikat menunjukkan bahwa 70% dari penderita penyakit diabetes melitus ialah orang-orang yang memiliki berat badan yang berlebihan atau obesitas.

Selain itu, obesitas juga dapat terjadi karena kurangnya berolahraga. Kurang berolahraga atau beraktivitas dapat membuat gula darah di dalam tubuh tidak diolah banyak untuk dijadikan energi. Namun, kejadian ini terbalik apabila kita melakukan olahraga atau aktivitas yang cukup menguras tenaga sehingga gula dalam darah banyak dibentuk menjadi energi.

Pada saat terjadi kehamilan, umumnya seorang ibu akan menambah asupan makanannya demi memenuhi kebutuhan dari bayi yang dikandungnya. Selama kehamilan akan terjadi kenaikan berat badan sekitar 7-10 kilogram. Pada saat penambahan makanan tersebut dilakukan, kemudian terjadi kekurangan insulin maka akan dapat menimbulkan penyakit diabetes melitus.

Makanan Penyebab Diabetes Melitus

Makanan penyebab diabetes melitus merupakan makanan yang dapat menimbulkan terjadinya penyakit diabetes melitus. Makanan penyebab diabetes melitus ini pada dasarnya merupakan makanan yang mengandung kalori tinggi dan zat gula yang tinggi. Hal ini apabila kita konsumsi maka cenderung akan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Terdapat beberapa makanan penyebab diabetes melitus di antaranya ialah makanan kue yang mengandung gula tinggi, makanan yang mengandung lemak yang tinggi, minuman susu, makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, buah yang memiliki kandungan gula tinggi, dan sebagainya.

Makanan seperti kue yang mengandung gula tinggi merupakan salah satu penyebab diabetes melitus sehingga sebaiknya hindari makanan seperti kue untuk menghindari penyakit diabetes melitus. Makanan yang mengandung lemak yang tinggi seperti daging sangat berkaitan dengan terjadinya obesitas atau kelebihan berat badan yang merupakan faktor pencetus dari timbulnya penyakit diabetes melitus.

Minuman seperti susu selain memiliki kandungan zat gula yang tinggi, juga mengandung lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Maka dari itu, susu masih diperbolehkan, tetapi dalam jumlah yang terbatas. Minuman seperti jus buah terutama dari buah-buahan yang mengandung kadar gula yang tinggi dan alkohol seperti buah durian. Buah-buahan tersebut dapat meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh sehingga akan timbul penyakit diabetes melitus. Timbulnya penyakit diabetes melitus pada tahap awal masih dapat diobati. Namun, apabila penyakit dibetes melitusnya sudah bersifat kronik maka kemungkinan kecil untuk sembuh.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Penyebabdiabetes.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :