Penyebab Penyakit Diabetes Tipe 1 dan 2

Penyebab penyakit diabetes dapat bermacam-macam. Ada yang disebabkan karena faktor keturunan, ada juga yang disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat. Namun, pada umumnya penyebab penyakit diabetes disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Penyebab penyakit diabetes ini sebaiknya dihindari untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes melitus. Penyakit ini tergolong penyakit yang berbahaya apabila menyerang tubuh kita karena penyakit ini dapat menimbulkan berbagai komplikasi yang berkaitan dnegan kerusakan beberapa fungsi organ sehingga apabila terjadi demikian maka keselamatan jiwa pun akan terancam.



penyebab penyakit diabetes
Alat cek gula darah merek GlucoDr


Penyebab penyakit diabetes seperti pola hidup yang tidak sehat sebenarnya masih dapat kita tanggulangi. Namun, bila penyebab penyakit diabetes tersebut ialah faktor keturunan maka hal tersebut akan menjadi sulit untuk ditanggulangi. Makanan sering menjadi penyebab utama dalam timbulnya penyakit diabetes melitus. Namun, tidak semua makanan dapat menimbulkan penyakit diabates melitus. Hanya makanan yang mengandung zat gula dan kalori yang tinggi yang dapat menimbulkan penyakit diabetes melitus. Untuk itu, batasi makanan yang mengandung gula dan kalori yang tinggi untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes melitus.

Penyebab Penyakit Diabetes Tipe 1

Penyakit diabetes tipe 1 ialah penyakit yang sangat bergantung sekali pengobatannya terhadap insulin. Penyakit diabetes tipe 1 ini terjadi karena adanya kerusakan pada organ pankreas akibat adanya reaksi autoimun ataupun infeki virus yang merusak sel-sel pankreas sehingga sel-sel pankreas tidak mampu memproduksi insulin. Bila dilihat dari perjalanan penyakit diabetes melitus tipe 1 maka dapat diketahui bahwa penyebab penyakit diabetes tipe 1 ialah faktor keturunan, reaksi autoimunitas, dan virus atau zat kimia.

Faktor keturunan merupakan faktor yang paling mendukung dalam terjadinya penyakit diabetes melitus tipe 1. Apabila dalam suatau keluarga terdapat salah satu atau kedua orang tua yang menderita penyakit diabetes melitus maka anak akan berisiko untuk terkena penyakit diabetes. Penyakit diabetes ini paling banyak menyerang anak-anak karena penyakit ini diwariskan atau diturunkan dari salah satu atau kedua orangtuanya.

Reaksi autoimunitas menjadi bagian dari penyebab terjadinya penyakit diabetes melitus tipe 1. Reaksi autoimunitas ialah suatu reaksi alergi terhadap salah stau jaringan atau selnya sendiri. Reaksi autoimunitas pada penyakit diabetes melitus tipe 1 terjadi pada sel organ pankreas yang berfungsi dalam memproduksi hormon insulin. Hal ini dapat menyebabkan sel tersebut tidak mampu memproduksi insulin karena sistem kekebalan tubuh yang menghancurkan sel-sel yang memproduksi hormon insulin tersebut./   Virus dan zat kimia juga dapat menyebabkan terjadinya penyakit diabetes melitus. Virus atau zat kimia yang masuk ke dalam tubuh dapat merusak sel-sel yang berada pada pulau Langerhans dari pankreas, yaitu tempat dimana hormon insulin itu dibuat. Semakin banyak sel-sel dari pulau Langerhans tersebut rusak maka akan semakin besar pula orang tersebut menderita penyakit diabetes melitus tipe 1.

Penyebab Penyakit Diabetes Tipe 2

Penyakit diabetes tipe 2 merupakan penyakit diabetes yang tidak bergantung kepada insulin. Umumnya penyakit ini berhubungan dengan kadar insulin yang tidak cukup untuk digunakan dalam proses metabolisme glukosa. Pada penyakit diabetes tipe 2, organ pankreas masih dapat memproduksi hormon insulin seperti biasanya. Namun, dikarenakan kadar gula yang tinggi, hormon insulin yang diproduksi tidak mencukupi dalam proses metabolisme glukosa. Tingginya kadar gula darah dalam tubuh penderita penyakit diabetes melitus tipe 2 dikarenakan terdapat kebiasaan pola hidup yang tidak sehat.

Penyebab penyakit diabetes tipe 2 apabila dilihat dari perjalanan penyakitnya maka dapat disebabkan karena faktor keturunann, pola makan atau gaya idup yang tidak sehat, kadar kolesterol yang tinggi, dan kurang beraktivitas atau olahraga.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Diabetesindo.weebly.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :