Senam Diabetes untuk Penderita Diabetes

Senam diabetes merupakan senam yang diperuntukkan kepada penderita penyakit diabetes mellitus, senam ini bertujuan untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Sekarang ini kususnya di kota besar, banyak makanan yang tidak sehat penyebab kerusakan organ-organ dalam tubuh. Untuk menetralisir makanan tersebut ada baiknya kita melakukan senam untuk mencegah penyakit diabetes. Senam ini tidak sama dengan senam normal biasa, memiliki perbedaan yang terletak pada tujuan senam yaitu mengurangi darah kotor dan kelebihan konsumsi karbohidrat didalam tubuh. Senam diabetes lebih mengutamakan gerakan ringan dan cepat untuk membakar sisa tenaga di dalam tubuh. Ada juga cara lainnya yang akan kalian dapatkan di web ini.


senam diabetes
Alat cek gula darah merek Easy Touch

Senam diabetes umumnya dilakukan dengan tujuan agar kadar gula darah di dalam tubuh dapat terkontrol dengan baik. Senam ini memiliki manfaat untuk mengurangi stres, menambah umur, meningkatkan rasa percaya diri, dan lain sebagainya sehingga, senam tersebut akan sagat bermanfaat apabila dilakukan dengan teratur dan konsisten.

Senam Diabetes untuk Penderita Diabetes Melitus

Sangat penting bagi penderita penyakit diabetes melitus untuk mengatur pola hidup agar selalu berada dalam keadaan yang sehat. Pola hidup sehat tersebut sangat penting dilakukan untuk setiap harinya. Salah satu bagian dari pola hidup sehat yang sangat penting untuk dilakukan ialah berolahraga. Olahraga yang dapat dilakukan oleh penderita penyakit diabetes melitus ialah dengan senam diabetes.

Manfaat umum dari senam diabetes untuk tubuh di antaranya dapat meningkatkan rasa percaya diri, membuat organ jantung dan paru-paru menjadi lebih sehat, membuat persendian tulang dan tulang lebih kuat  sehingga dapat mengurangi terjadinya risiko osteoporosis atau pengereposan tulang, mengurangi stress, membuat tidur menjadi lebih berkualitas, dan lain sebagainya.

Gerakan dari senam ini pun tergolong gerakan yang sederhana dan mudah untuk dilakukan. Kesemua gerakan tersebut hampir sama dengan gerakan senam pada umumnya. Namun, sangatlah penting bagi penderita penyakit diabetes untuk memperhatikan beberapa hal sebelum dan selama melakukan senam. Hal-hal tersebut di antaranya ialah pakaian olahraga, pada penderita penyakit diabetes melitus yang akan melakukan senam diabetes maka sebaiknya menggunakan pakaian olahraga, kaos kaki yang nyaman, dan biasanya berbahan dari katun agar dapat menyerap keringat dengan baik. Kemudian hindarkan latihan yang dilakukan pada udara panas atau dingin. Pada penderita penyakit diabetes melitus yang memiliki kadar gula darah sangat tinggi, sebaiknya tidak melakukan senam diabetes. Selama melakukan senam diabetes, dianjurkan untuk minum yang cukup. Kaki pada penderita penyakit diabetes melitus saat melakukan senam harus selalu diperhatikan setiap selesai melakukan latihan apakah terdapat luka lecet atau tidak. Khusus untuk penderita penyakit diabetes melitus yang sedang mendapatkan terapi insulin dan obat hipoglikemik oral sebaiknya melakukan pemeriksaan kadar gula darah sebelum, selama, dan sesudah latihan terutama pada pasien dengan penyakit diabetes melitus tipe 1 dan 2 yang mendapat terapi insulin.

Olahraga untuk penderita penyakit diabetes melitus seperti senam sangat dianjurkan karena dapat mengontrol kadar gula darah agar menjadi stabil. Namun, olahraga ini akan memberikan hasil yang optimal apabila dilakukan dengan terus menerus dan tidak menurunkan intesitas, dilakukan secara berirama untuk melakukan latihan otot kontraksi dan relaksasi, latihan yang dilakukan dilaksanakan dengan cara selang-seling, latihan juga harus dilakukan sengan peningkatan secara bertahap, dan latihan dilakukan dengan tujuan agar dapat meningkatkan kesegaran dan ketahanan sistem kardiovaskuler, dan kebutuhan tubuh penderita.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Senamdiabetes.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :