Tanaman Herbal untuk Diabetes (Obat Alami)

Tanaman herbal untuk diabetes merupakan tanaman yang berkhasiat dalam mengobati penyakit diabetes melitus. Tanaman herbal untuk diabetes ini dapat dijadikan sebagai obat untuk mengobati penyakit diabetes melitus karena di dalam tanaman herbal untuk diabetes mengandung senyawa yang dapat menurunkan kadar gula darah tinggi di dalam tubuh penderita sehingga penderita penyakit tersebut dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh bahkan mendekati nilai kadar gula darah yang normal.



tanaman herbal untuk diabetes
Alat cek gula darah merek Nesco


Tanaman herbal untuk diabetes dapat diperoleh dengan mudah. Tanaman tersebut digunakan dengan teratur untuk mengobati penyakit diabetes melitus. Selain itu, tanaman tersebut tidak memiliki efek samping  sehingga tergolong aman untuk digunakan dalam waktu yang lama.

Obat Tanaman Herbal untuk Diabetes

Obat tanaman herbal untuk diabetes dapat di buat sendiri ataupun diperoleh dari apotek yang telah dibentuk dalam bentuk tablet, kapsul ataupun cair. Bila tanaman herbal telah diolah dalam bentuk dan dosis yang sudah ditentukan maka sangatlah praktis untuk dipergunakan, namun kita memerlukan biaya untuk mendapatkannya. Berbeda lagi bila kita membuat sendiri obat tanaman herbal untuk diabetes tersebut. Tidak memerlukan biaya besar untuk membuatnya. Selain itu, tanaman yang dijadikan obat herbal diabetes ini sangat mudah untuk ditemukan di sekitar kita.

Contoh tanaman herbal untuk diabetes salah satunya ialah buah mengkudu. Selain dapat dijadikan sebagai obat untuk mengobati penyakit diabetes melitus, mengkudu juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit lainnya. Buah mengkudu sangat efektif dalam menurunkan kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh penderita penyakit diabetes melitus. Dalam buah mengkudu mengandung senyawa yang dinamakan dengan proxeroni. Proxeroni dari buah mengkudu membentuk suatu alkaloid yang dapat bekerja untuk membuka pori-pori dari sel-sel  sehingga mempermudah semua nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Nutrisi yang dapat masuk di antaranya ialah gula atau glukosa sehingga, bila peristiwa ini terjadi maka buah mengkudu dapat mengurangi konsentrasi gula darah. Gula atau glukosa yang masuk ke dalam sel-sel tersebut akan diolah menjadi energi yang digunakan untuk menjalankan aktifitas sehari-hari. Cara membuat obat untuk mengobati penyakit ini ialah dengan cara memblender buah mengkudu kemudian disaring dengan menggunakan penyaring, lalu minum air mengkudu tersebut secara teratur.

Contoh tanaman herbal untuk diabetes lainnya ialah tanaman kunyit. Kunyit merupakan tanaman yang sangat mudah untuk diperoleh. Karena tanaman ini sering kali digunakan sebagai bumbu dapur. Selain memiliki manfaat sebagai bumbu dapur, tanaman kunyit memiliki khasiat lain dalam mengobati penyakit diabetes melitus yaitu menurunkan kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh penderita. Tanaman kunyit bila dikonsumsi secara teratur dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi dengan cara merangsang produksi hormon insulin. Seperti yang kita ketahui bahwa hormon insulin merupakan hormon yang dapat mengolah gula darah atau glukosa menjadi energi. Cara membuat obat untuk diabetes dari tanaman kunyit ini cukup mudah hanya dengan di rebus. Rebus 1 buah rimpang kunyit dengan air sebanyak 1 liter, kemudian tambahkan garam sebanyak satu sendok ke dalam air rebusan kunyit tersebut. Setelah itu, biarkan rebusan kunyit tersebut mendidih. Jika air rebusan mendidih, minumlah rebusan air kunyit tersebut sebanyak setengah gelas. Agar mendapatkan hasil yang optimal dalam menurunkan kadar gula darah yang tinggi, ramuan ini dapat diminum sebanyak 2 kali dalam seminggu.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Nitips.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :