Tanda Diabetes Melitus yang Umum Terjadi

Tanda diabetes umumnya terlihat dari adanya beberapa gejala yang mengarah pada penyakit diabetes melitus. Tanda diabetes ini meliputi adanya perasaan yang biasa dikeluhkan oleh penderita tersebut. Seperti adanya rasa haus, rasa lapar, buang air kecil dengan frekuensi yang tinggi, penurunan berat badan secara drastis, mudah merasa lelah, penglihatan buram, dan lain sebagainya. Tanda diabetes ini tidak semuanya dirasakan oleh penderita. Namun, yang dirasakan hanya satu atau beberapa tanda diabetes saja. Maka dari itu, untuk memastikan diperlukan pemeriksaan lanjutan.



tanda diabetes
Alat cek gula darah merek GlucoDr

Tanda Diabetes Melitus

Seperti yang telah disebutkan diatas, tanda diabetes melitus meliputi adanya rasa haus, rasa lapar, buang air kecil dengan frekuensi yang tinggi, penurunan berat badan secara drastis, mudah merasa lelah, penglihatan buram, dan lain sebagainya. Adanya perasaan haus yang dirasakan oleh penderita berhubungan dengan kadar gula darah yang tinggi  sehingga membuat penderitaa sering merasa haus. Mereka merasakan haus seperti orang yang mengalami dehidrasi. Di samping itu,penyakit ini juga dapat membuat penderita sering buang air kecil. Setiap kali minum penderita merasakan ingin buang air kecil. Namun, buang air kecil yang mengarah pada penyakit diabetes melitus lebih sering dilakukan pada malam hari.

Selain adanya rasa haus dan sering buang air kecil, tanda diabetes melitus yang lain yaitu penglihatan menjadi buram atau tidak jelas. Penglihatan ini berhubungan ula dengan kadar gula darah yang tinggi. Penyakit diabetes melitus dapat menimbulkan komplikasi pada penderita, seperti kerusakan pada pembuluh darah. Pembuluh darah rusak ialah pembuluh darah yang mengalirkan darah ke bagian mata atau retina sehingga, apabila penyakit diabetes melitus ini telah berada pada fase kronik, maka dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada penglihatan.Seperti penglihatan buram bahkan sampai kepada terjadinya kebutaan. Penglihatan yang tidak jelas, terjadi pada saat kadar gula darah berada pada level yang sangat tinggi. Namun, bila kadar gula darah tersebut menurun maka penglihatan tersebut secara perlahan akan mulai normal kembali. Namun, bila sudah sampai terjadi kebutaan maka akan sangat sulit untuk kembali pada penglihatan keadaan normal.

Adanya rasa lelah yang dapat dirasakan oleh penderita penyakit diabetes juga berkaitan dengan kadar gula darah yang tinggi. Gula yang seharusnya diubah menjadi energi untuk keperluan aktifitas tubuh tidak dapat diubah sepenuhnya sehingga tubuh kekurangan energy. Hal ini menyebabkan penderita penyakit diabetes mellitus akan merasa lelah dan mudah mengalami emosi.

Selain dari tanda tersebut, terdapat tanda lain yang biasanya mengarah pada penyakit diabetes melitus yaitu adanya rasa kesemutan. Rasa kesmutan sebenarnya belum mengarah secara pasti menjadi tanda diabetes. Namun, pada tahap awal terjadinya penyakit ini terdapat gejala seperti rasa kesemutan yang sering dirasakan. Bagian anggota tubuh yang paling sering merasakan adanya kesemutan ialah pada bagian ujung-ujung jari seperti ujung jari tangan dan ujung jari kaki. Kesemutan ini dapat terjadi karena adanya kerusakan saraf secara perlahan. Apabila hal ini dibiarkan maka dapat menyebabkan terjadinya mati rasa pada bagian tubuh tertentu, seperti kaki. Adanya mati rasa yang terjadi pada penderita penyakit ini menyebabkan penderita dapat mengalami luka tanpa di sadari.


Oleh: Bidan Esi
Editor: Adrie Noor
Sumber: Gejaladiabetes.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :