Tanda Gejala Diabetes Melitus Secara Umum

Tanda gejala diabetes yang dapat muncul atau dirasakan oleh penderita dapat bermacam-macam. Namun, tidak semua tanda gejala diabetes dirasakan oleh penderita penyakit ini. Ada yang merasakan satu tanda ataupun beberapa gejala saja, bahkan ada juga yang tidak merasakan tanda gejala tersebut sama sekali sehingga, mereka tahu jika terkena penyakit diabetes melitus begitu melakukan pemeriksaan laboratorium dan diketahui bahwa kadar gula darahnya tinggi. Tanda penyakit ini dapat muncul sebagai akibat dari terlalu tingginya kadar gula darah dalam tubuh orang tersebut.



tanda gejala diabetes
Alat cek gula darah merek GlucoDr


Tanda gejala diabetes yang terjadi dapat muncul bila kadar gula darah meningkat. Namun, bila kadar gula darah menurun maka tanda gejala diabetes tidak akan dirasakan kembali sehingga, hal ini menyebabkan seseorang mengira tidak menderita penyakit diabetes melitus karena keadaan kadar gula darah yang dapat menurun dan meningkat dalam waktu tertentu menyebabkan penderita menganggap hal yang biasa.

Tanda gejala diabetes yang dapat muncul di antaranya sering merasa haus, sering buang air kecil, sering merasa lapar, dan lain sebagainya. Tanda gejala diabetes  yang terjadi berkaitan dengan peningkatan kadar gula darah di dalam tubuh.

Tanda Gejala Diabetes Melitus

Tanda gejala diabetes melitus yang sudah dijelaskan diatas masih sebagian kecil dari tanda gejala yang terjadi. Namun, pada umumnya tanda gejala yang menandakan adanya penyakit diabetes melitus ialah adanya peningkatan kadar gula darah yang tinggi,hal ini hanya dapat dideteksi dari pemeriksaan laboratorium.

Tanda gejala diabetes melitus pada umumnya dialami oleh penderita penyakit tersebut, salah satunya ialah penurunan berat badan yang drastis. Penurunan berat badan tersebut diakibatkan faktor tertentu. Namun, banyak yang menyangka hal ini terjadi sebagai akibat dari kadar gula darah yang tinggi dan tidak dapat diolah menjadi energi sehingga, energi yang ada dalam lemak otot tidak dapat dipergunakan, bahkan tidak terdapat lemak. Hal ini dapat membuat terjadinya penurunan berat badan.

Selain itu, tanda gejala diabetes melitus ialah adanya dehidrasi. Dehidrasi dapat membuat seseorang merasakan kehausan tanpa adanya sebab yang jelas. Dehidrasi sering dikaitkan dengan tanda gejala diabetes lainnya yaitu sering buang air kecil sehingga, membuat tubuh sering merasa haus.

Tanda gejala diabetes melitus juga terjadi akibat adanya rasa lelah. Hal ini berhubungan dengan ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi energi yang berasal dari glukosa. Adanya rasa lapar juga menjadi tanda gejala dari penyakit diabetes melitus. Walaupun makanan yang dimakan dalam jumlah banyak dan disertai rasa lapar terus menerus, namun pada penderita penyakit ini menyebabkan penurunan berat badan.

Ada juga tanda gejala lain dari penyakit diabetes melitus. Adanya gangguan pada penglihatan dapat terjadi pada penderita penyakit ini. Hal tersebut dikarenakan akibat adanya kerusakan pada pembuluh darah yang memperdarahi retina atau bagian mata. Hal ini dikarenakan kadar gula darah yang tinggi dapat membuat pembuluh darah tersebut rusak dan akhirnya mengangu penglihatan. Gangguan penglihatan ini dapat bersifat sementara ataupun menetap. Gangguan penglihatan yang bersifat sementara akan kembali normal bila kadar gula darah juga mendekati normal. Bila kadar gula darah tinggi dan bersifat menetap, maka dapat berpotensi menyebabkan terjadinya kebutaan. Maka dari itu, sangat penting untuk mengatur kadar gula darah agar tidak meningkat.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: Hariansehat.com dan diabetesindo.weebly.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :