Terapi Obat Diabetes Melitus Tradisional

Terapi obat diabetes umumnya dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan penurun kadar gula darah yang tinggi. Terapi obat diabetes ini sangat efektif dalam menurunkan kadar gula darah yang tinggi pada penderita penyakit diabetes melitus. Terapi obat diabetes dapat dilakukan baik secara tradisional maupun modern dengan menggunakan obat-obatan yang dibuat dari bahan kimia. Penggunaan obat-obatan dari bahan kimia perlu diwaspadai karena dapat menimbulkan beberapa efek samping dari penggunaan obat tersebut. Namun, untuk obat-obatan yang bersifat tradisional atau herbal tidak menimbulkan efek samping sehingga aman untuk digunakan oleh penderita penyakit diabetes melitus.


terapi obat diabetes
Alat cek gula darah multi fungsi merek Easy touch


Terapi Obat Diabetes Melitus Tradisional

Terapi obat diabetes melitus tradisional dapat kita buat sendiri atau dapat kita peroleh dari apotek yang sudah tersedia dalam kemasan padat maupun cair. Tentunya dosis yang digunakan pun sudah diatur sesuai dengan kebutuhan penggunaan obat penyakit diabetes melitus. Namun, berbeda halnya dengan terapi obat diabetes melitus tradisional yang belum diketahui secara pasti dosisnya. Patokan atau standar dalam menentukan dosis dari terapi obat diabetes melitus tradisional di ukur dalam satuan gelas atau satuan lainnya yang dapat diterima oleh masyarakat.

Terapi obat diabetes melitus tradisional pun telah terbukti ampuh dalam menurunkan kadar gula darah tinggi pada penderita penyakit diabetes melitus. Terapi ini dapat kita buat dari tanaman yang telah terbukti berkhasiat untuk mengobati penyakit diabetes melitus. Tanaman yang dimaksud di antaranya ialah buah mengkudu, tanaman mahkota dewa, kunyit, daun insulin, dan sebagainya.

Buah mengkudu dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh penderita penyakit diabetes melitus karena di dalam buah mengkudu tersebut terkadung suatu senyawa yang dapat menurunkan kadar gulad darah tinggi. Senyawa atau zat yang dikandung buah mengkudu tersebut ialah proxeroni. Zat ini dapat merangsang produksi insulin sehingga dapat membuat insulin yang diproduksi oleh tubuh mencukupi untuk transportasi glukosa ke dalam sel-sel. Buah mengkudu ini dapat kita olah terlebih dahulu dengan cara di blender. Biasanya kita membuat obat tradisiobal dari buah mengkudu ini dengan di blender dan diambil sari patinya. Buah mengkudu yang digunakan juga tidak perlu banyak. Cukup hanya dengan satu buah mengkudu kita dapat membuat ramuan tradisional untuk mengoabtai penyakit diabetes melitus. Setelah diblender kemudian diambil sari patinya dengan cara disaring lalu diminum. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, ramuan ini dapat dikonsumsi setiap hari. Namun, biasanya penderita tidak tahan dengan bau dan rasa pahit dari buah tersebut. Untuk mengatasi hal itu kita dapat menambahkan sedikit madu pada ramuan tersebut.

Selain buat mengkudu, terapi obat diabetes melitus tradisional dapat kita buat dari tanaman kunyit. Tanaman kunyit kaya akan berbagai khasiat salah satunya dalam menurunkan kadar gula darah tinggi pada penderita penyakit diabetes melitus. Kinerja kunyit dalam menurunkan kadar gula darah yang tinggi sama dengan buah mengkudu yaitu dengan cara merangsang produksi dari hormon insulin. Cara membuat ramuan dari kunyit ini pun tergolong cukup mudah. Hanya dengan satu buah rimpang kunyit dan 3 gelas air putih yang ditambahkan sedikit garam kita dapat membuat ramuan kunyit tersebut dengan cara direbus. Biarkan sampai mendidih atau hingga tersisa setengah air rebusan dari air rebusan semula. Setelah itu biarkan hingga dingin lalu diminum setengah gelas saja.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: deherba.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :