Terapi Obat Hipoglikemik Oral (OHO)

Terapi obat hipoglikemik oral atau yang sering disingkat dengan OHO merupakan obat-obatan yang digunakan untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Terapi obat hipoglikemik oral ini diperuntukkan bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes melitus. Tentunya untuk mendapatkan obat ini diperlukan resep dokter. Masyarakat sering salah mengira bahwa terapi obat hipoglikemik oral merupakan insulin yang diberikan dalam bentuk padat, padahal sebenarnya obat hipoglikemik oral ini bukanlah insulin.


terapi obat hipoglikemik oral
Alat cek gula darah multi fungsi merek Easy Touch


Terapi obat hipoglikemik oral dapat bekerja dalam beberapa cara di antaranya ialah dengan memperbaiki kerja insulin dan meningkatkan produksi dari insulin. Kedua cara kerja tersebut ampuh menurunkan kadar gula darah pada penderita penyakit diabetes melitus. Terapi obat hipoglikemik oral harus diketahui oleh penderita penyakit diabetes mengenai jenis dan kegunaannya. Hal ini sangat penting mengingat penderita penyakit diabetes khususnya penyakit diabetes tipe 2 akan mengonsumsi obat ini untuk mengkontrol kadar gula darahnya.

Terapi obat hipoglikemik oral diberikan atas dasar resep dokter. Tentunya dokter akan memberikan obat hipoglikemik oral sesuai dengan kondisi pasien saat ini. Penting bagi penderita penyakit diabetes untuk tidak mengubah dosis ataupun merek obat tanpa sepengetahuan dokter, kemudian penderita penyakit diabetes juga harus mengonsumsi obat hipoglikemik oral sesuai dengan anjuran atau jadwal yang telah ditentukan setiap harinya, pengobatan dengan obat hipoglikemik oral jangan ditambahkan dengan obat lainnya tanpa berkonsultasi dengan dokter sebelumnya, mengonsumsi obat hipoglikemik oral harus berkelanjutan walaupun kadar gula darah sudah normal, efek samping dari penggunaan obat hipoglikemik oral ini dapat terjadi hipoglikemia sehingga penderita penyakit diabetes melitus perlu mengetahui cara penanganan hipoglikemik. Pada intinya penggunaan obat hipoglikemik oral harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yang menangani.

Macam-macam Terapi Obat Hipoglikemik Oral

Terapi obat hipoglikemik oral pada umumnya terbagi 2 golongan yaitu obat yang dapat memperbaiki kerja insulin dan obat yang dapat meningkatkan produksi insulin. Obat-obatan yang dapat memicu produksi insulin di antaranya ialah sulfonilurea dan glinid. Obat golongan sulfonilurea banyak digunakan oleh penderita penyakit diabetes melitus yang tidak memiliki kelebihan berat badan. Umumnya obat golongan sulfonilurea ini digunakan oleh penderita penyakit diabetes melitus tipe 2. Pada penderita penyakit diabetes melitus tipe 2 ini mengalami kekurangan insulin, tetapi kelenjar pankreas masih sangat baik dalam memproduksi insulin. Selanjutnya untuk obat golongan glinid, obat ini juga sangat cocok untuk digunakan oleh penderita penyakit diabetes melitus tipe 2. Obat ini dapat meningkatkan produksi dari insulin karena merangsang pankreas untuk memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup. Contoh dari obat golongan ini ialah rapaglinid dan neteglinid.

Untuk terapi obat hipoglikemik oral yang dapat meningkatkan kerja insulin di antaranya ialah biguanid, tiazolidinedion, dan lain-lain. Contoh dari biguanid ialah metformin. Metformin adalah satu-satunya biguanid yang tersedia saat ini. Metformin berguna untuk penyandang diabetes gemuk yang mengalami penurunan kerja insulin. Alasan penggunaan metformin pada penyandang diabetes gemuk adalah karena obat ini menurunkan nafsu makan dan menyebabkan penurunan berat badan. Sebanyak 25% dari penyandang diabetes yang diberikan metformin mengalami efek samping pada saluran pencernaan, yaitu rasa tak nyaman di perut, diare, dan rasa seperti logam di lidah. Pemberian obat ini bersamaan makanan dan dimulai dengan dosis terkecil dan meningkat secara perlahan sehingga dapat meminimalkan kemungkinan timbulnya efek samping. Obat ini tidak seharusnya diberikan pada penderita penyakit  gagal ginjal, hati, jantung, dan pernapasan.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: klikdokter.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :